Pengaruh Penerapan Metode Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V MI Banjarejo Panekan Tahun Ajaran 2020/2021

Prastika, Leny (2021) Pengaruh Penerapan Metode Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V MI Banjarejo Panekan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617059_LENY PRASTIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Prastika, Leny. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V MI Banjarejo Panekan Tahun Ajaran 2020/2021, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Faklutas Terbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci: Metode Make A Match, Hasil Belajar
Model pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang harus dipersiapakan dengan baik oleh guru, karena model pembelajaran digunakan sebagai alat untuk menyampaikan suatu informasi kepada siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V, karena mereka menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit untuk dipahami dan salah satu pembelajaran yang membosankan, sehingga hal ini yang mempengaruhi hasil belajar siswa menurun. Penerapan metode Make A Match dapat dijadikan alternatif guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan pembelajaran akan terkesan menarik dan menyenangkan karena terdapat unsur permainan dan metode Make A Match siswa dapat mengembangkan kemampuan berfikir siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh penerapan metode make a match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V MI Banjarejo Panekan. (2) Megetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V MI Banjarejo Panekan dengan menerapkan metode make a match(3) Mengetahui Penerapan metode make a match dalam pembelajaran matematika kelas V MI Banjarejo Panekan.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimen Design (nondesign) dengan desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 23 Siswa di kelas V. Teknik pengumpulan data pemahaman belajar menggunakan tes esai. Teknik tes yang digunakan adalah Pretest-Posttest . Pretest untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan metode make a match. Dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan metode Make a match.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penerapan metode make a match terhadap hasil belajar siswa. Dengan jumlah rata-rata Pretest 62.00 dan rata-rata posttest 84.43. Hasil Uji Samples Paired T-Test mendapatkan hasil sig (2-Tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena Ho ditolak dan Ha diterima maka berarti ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pretest dan Posttest berarti adanya pengaruh penerapan metode Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V MI Banjarejo Panekan. (2) Hasil belajar siswa pada soal Pretest mendapatkan nilai dibawah kkm dapat dilihat pada lampiran 2 hasil tes belajar siswa dikarenakan siswa banyak yang tidak mengerjakan dengan menuliskan cara dan rumusnya dengan benar sehingga pada nilai pretest memperoleh rata-rata sebesar 62,00. Selanjutnya pada tanggal 4 maret 2021 menerapkan metode make a match dalam pembelajaran matematika setelah menerapkan metode tersebut selanjutnya pemberian soal posttest kepada siswa, pada soal posttest mendapatkan nilai diatas kkm dilihat pada lampiran 2 hasil tes belajar siswa. Pada soal posttest ini memperoleh rata-rata sebesar 84,43 dengan jumlah siswa di kelas V MI Banjarejo Panekan sebanyak 23 siswa. (3) Penerapan metode make a match dengan menggunakan 2 jenis kartu, kartu soal dan kartu jawaban. (a) Siswa yang bernomor absen ganjil akan mendapatkan kartu soal dan siswa yang bernomor absen genap mendapatkan kartu jawaban. (b) setelah mendapatkan kartu siswa memikirkan jawaban dari kartu yang telah diperolehnya. (c) setelah mengetahui jawabannya siswa mencari pasangan sesuai dengan kartu yang telah dipegangnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:10
Last Modified: 04 Jun 2021 04:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15231

Actions (login required)

View Item View Item