Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi Tahun Pelajaran: 2020-2021

Meilinda, Rindang Ayu (2021) Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi Tahun Pelajaran: 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617050_RINDANG AYU MEILINDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Meilinda, Rindang Ayu. Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi Tahun Pelajaran: 2020-2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci: Metode Problem Solving, Hasil belajar, Pembelajaran Matematika
Pembelajaran matematika yang diterapkan di SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi masih kurang efektif untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode problem solving memberikan keleluasaan pada siswa dalam memahami pembelajaran yang disampaikan guru, sehingga siswa dapat berfikir kritis dan mampu memecahkan masalah dalam kegiatan pembelajaran. Secara tidak langsung metode ini dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan metode problem Solving pada pembelajaran metematika terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi. (2) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi pada pembelajaran matematika dengan menerpakan metode problem solving. (3) Mengetahui adakah terdapat pengaruh dari penerapan metode problem solving pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian kuantitatif eksperimen adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti dengan menggunakan Pre-Eksperimen Design (nondesign) dengan desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitan kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes essay.
Penerapan metode problem solving dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi dengan menerapkan langkah-langkah mengidentifikasi masalah, mengemukakan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan mengambil kesimpulan. Hasil belajar siswa sebelum menerapkan metode problem solving memperoleh rata-rata 71,75 setelah menerapkan metode siswa memperoleh rata-rata 87,50. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan metode problem solving. Hasil perhitungan analisis melalui Uji Paired Sample t-Test, memperoleh signifikansi sig.(2-Tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, melalui pernyataan tersebut terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:09
Last Modified: 04 Jun 2021 04:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15230

Actions (login required)

View Item View Item