Internalisasi Nilai-nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Nurhuda, Ahmad (2021) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317237 AHMADNURHUDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NURHUDA, AHMAD. 2021. Internalisasi Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak Tahun Pelajaran 2020/2021, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag..
KATA KUNCI: Penanaman, Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran PAI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan adanya tindakan atau perilaku yang tidak sesuai dengan tujuan mulia pendidikan, yang sama sekali tidak mencerminkan sebagai remaja yang terdidik. Misalnya, tawuran antar pelajar, kebut kebutan ketika mengendarai motor atau melakukan tindak asusila. Dengan melihat hal tersebut tentu saja membuat miris dan prihatin bagi kita semua. Oleh karena itu, upaya perbaikan harus segera dilakukan. Salah satu upayanya adalah melalui pendidikan karakter.
Berawal dari penjelasan di atas, maka tujuan diadakannya penelitian adalah, sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan proses implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak 2) Untuk memaparkan faktor pendukung dan faktor penghambat pada proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak.
Untuk menjawab permasalahan di atas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisa penelitian ini, ditemukan bahwa: (1) implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan sesuai dengan jadwal kelas masing masing melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian. Dengan menggunakan beberapa metode antara lain pemahaman, pembiasaan, tauladan dan yang lain disesuaikan dengan materi pelajaran pendidikan Agama Islam dan kondisi dari peserta didik itu sendiri. Standar ukuran keberhasilan impelementasi nilai-nilai karakter di SMP Negeri 1 Pudak adalah jika peserta didik telah mengetahui sesuatu yang baik (knowing the good) (bersifat kognitif), kemudian mencintai yang baik (loving the good) (bersifat afektif ), dan selanjutnya melakukan yang baik (acting the good) (bersifat psikomotorik). (2) Faktor pendukung kegiatan tersebut adalah berkualitasnya sumber daya manusia, media pembelajaran yang memadai, sarana dan prasarana yang baik, kondisi siswa-siswi SMP Negeri 1 Pudak Ponorogo yang mau dan bersemangat dalam setiap kegiatan pembelajaran dan adanya dukungan dari sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kegiatan pembelajaran praktikum, perbedaan latar belakang keluarga, potensi setiap peserta didik yang berbeda-beda dan lingkungan peserta didik. Tetapi semua faktor penghambat tersebut bisa diatasi oleh pendidik. Dengan begitu bisa dilakukan evaluasi setiap proses kegiatan pembelajaran pendidikan Agama Islam, guna untuk membentuk karakter-karakter yang baik sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:02
Last Modified: 04 Jun 2021 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15227

Actions (login required)

View Item View Item