..(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs MA’ARIF AL-ISHLAH BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Wahyuni, Indah (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs MA’ARIF AL-ISHLAH BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDAH WAHYUNI WATERMARK A5 UPLOAD.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Wahyuni, Indah. 2020. Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Ma’arif Al- Ishlah Bungkal Tahun Pelajaran 2020-2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju’Subaidi, M.Ag.
Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar
Mata pelajaran fikih di MTs sangat urgen keberadaannya, mengingat tujuannya untuk memberikan bekal perserta didik agar dapat memahami dan melaksanakan pokok-pokok hukum Islam secara baik dan benar dalam bermuamalah dengan Allah swt. maupun dengan manusia. Manakala para peserta didik kurang memadai dalam memahami hukum Islam tentu peserta didik akan mengalami kegoncangan psikologis sebagai individu maupun anggota masyarakat. Rendahnya pemahaman atas materi fiqih di MTs al-Ishlah Bungkal lebih banyak disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakter materinya. Hal ini akan berimplikasi pada pelaksanaan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Dalam upaya memberikan pemahaman materi fikih tentang shalat sunnah secara benar dan mudah diperlukan pemilihan metode yang dapat memetakan pikiran untuk memperoleh informasi. Metode mind maping diharapan dapat memberikan solusi dalam pembelajaran Fiqih.
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Ma’arif Al- Ishlah Bungkal dengan menggunakan metode mind mapping.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah Siswa kelas VII A MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I hasil belajar siswa hanya 44% dari 7 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari hasil belajarnya, sedangkan 56% dari 9 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan yaitu sebesar 81% dari 16 siswa yang tuntas dan ada tiga siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: JU'SUBAIDI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:52
Last Modified: 04 Jun 2021 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15214

Actions (login required)

View Item View Item