PENERAPAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 1 PONOROGO

Rahmawati, Septiana (2021) PENERAPAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317322_SEPTIANA R._PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masyarakat saat ini dijadikan titik fokus sebagai penggerak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan seperti dalam dunia perekonomian, kesehatan, sosial, dan pendidikan. Hadirnya teknologi dapat dikatakan sebagai penyeimbang kemajuan negara lain dan sebagai penyelasaian masalah kehidupan. Salah satu problem yang sangat krusial saat ini ada dalam dunia pendidikan yakni masalah karakter siswa. Dewasa ini banyak pelajar yang mengalami rendah karakter utamanya karakter religius seperti adanya tawuran antar pelajar, kekerasan, sopan santun terhadap guru hilang, tidak taat beribadah dan melanggar aturan sekolah. Jika masalah sosial pada peserta didik tidak segera diatasi maka lembaga formal yang bertanggungjawab atas pendidikan siswa akan dinilai buruk oleh masyarakat. Salah satu terobosan baru yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui literasi digital yakni penyaluran pengetahuan tentang nilai-nilai karakter religius kepada peserta didik melalui media online. Kelebihan media digital dinilai efektif dan efisien untuk mengembangkan pengetahuan agama kepada peserta didik secara up to date sehingga mampu mendongkrak perubahan perilaku dalam meningkatkan kualitas diri salah satunya karakter religius pada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan karakter religius peserta didik kelas X di SMKN 1 Ponorogo, (2) menjelaskan penerapan literasi digital pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Ponorogo, dan (3) menjelaskan dampak penerapan literasi digital dalam meningkatkan karakter religius peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus bersifat analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Ponorogo dengan subjek informan guru PAI dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakter religius peserta didik kelas X di SMKN 1 Ponorogo sesuai dengan indikator karakter religius yang ditetapkan guru PAI di sekolah. (2) Pelaksanaan literasi digital di SMKN 1 Ponorogo diawali dengan mempersiapkan bahan kajian yang akan didiskusikan berupa kajian nilai-nilai karakter religius yang dapat diakses melalui media online youtube dan google, kegiatan dilakukan selama 15 menit sebelum mulai mapel PAI, peserta didik menganalisis dan merangkum film atau cerita Islami untuk disetorkan pada guru PAI kemudian peserta didik mengambil pelajarannya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Guru menilai dengan tes lisan dan pengisian kuesioner penilaian sikap untuk menetapkan tingkat karakter religius yang dimiliki peserta didik. (3) Penerapan literasi digital di SMKN 1 Ponorogo memberikan dampak positif yakni peserta didik lebih taat beribadah, pengetahuan keagamaan lebih luas, disiplin mengumpulkan tugas, kreatif serta berperilaku sopan dan menjunjung tinggi toleransi terhadap warga sekolah. Dampak negatifnya adalah alat yang digunakan HP jika digunakan secara keseringan dapat mengganggu kesehatan, sikap kecanduan yang menyebabkan bersosialnya kurang, ada kekhawatiran menonton konten lain yang berbau negatif, bagi siswa yang HP nya kurang memadai harus bergabung dengan temannya atau ke sekolah untuk meminjam di kantor jurusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:39
Last Modified: 04 Jun 2021 03:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item View Item