METODE KETELADANAN DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK

Istiqomah, Magfirotul (2021) METODE KETELADANAN DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317252_MAGFIROTUL ISTIQOMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Istiqomah, Magfirotul. 2021, Metode Keteladanan dalam Surat Luqma<n ayat
12-19 Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab dan
Implementasinya dalam Pendidikan Karakter Anak. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nur Kolis, Ph.D..
Kata Kunci: Keteladanan, Surat Luqma
>
n, Pendidikan Karakter Anak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan mayoritas orang tua yang
belum memahami bagaimana cara mendidik anak sebagaimana yang dicontohkan
oleh Islam dalam al-Quran. Quraish Shihab dalam kitab tafsirnya memberikan
gambaran yang jelas tentang metode pendidikan karakter anak, bahkan, beliau
secara jelas memaparkan perlunya menerapkan keteladanan dalam mendidik
karakter anak sebagaimana yang dituangkan dalam karya tulisnya, Tafsir Al￾Mishbah.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih mendalam tentang konsep
metode keteladanan yang terkandung dalam surat Luqma<n ayat 12-19. Selain itu,
penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implementasi metode keteladanan
yang telah dijelaskan oleh M. Quraish Shihab dalam Pendidikan Karakter Anak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library
research) yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang
pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan￾bahan pustaka yang relevan. Adapun dalam pembahasannya penulis
menggunakan metode analisis isi (content analysis). Data yang digunakan berupa
data primer dari kitab Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab. Sedangkan
untuk data sekunder berupa buku-buku pendukung yang terkait dengan metode
keteladanan dan pendidikan karakter.
Hasil dari penelitian ini: Pertama, memahami konsep metode keteladanan
yang terkandung dalam al-Qur’an surat Luqma>n ayat 12-19 mencakup tiga unsur
yaitu pendidikan aqidah, ibadah dan akhlak. Unsur-unsur tersebut meliputi syukur
terhadap nikmat Allah SWT, tidak menyekutukan Allah SWT, berbakti kepada
orang tua, mengajarkan bahwa setiap perbuatan akan diberikan balasan oleh Allah
SWT, mendirikan sa}la>t dan, mendidik anak untuk tidak sombong. Kedua,
implementasi dari metode keteladanan yang terkandung dalam al-Qur’an surat
Luqma>n ayat 12-19 dalam proses pendidikan karakter anak antara lain bisa
dilakukan dengan cara memberikan contoh atau teladan kepada anak dalam
menjalankan perintah-perintah Allah. Selain itu, ketika orang tua menasehati
anak, hendaknya menggunakan bahasa yang baik dan lembut sebagaimana yang
dicontohkan oleh Luqma>n ketika ia menasehati anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:25
Last Modified: 04 Jun 2021 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15207

Actions (login required)

View Item View Item