MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PENINGKATAN PROGRAM TAHFIDZ AL QURAN SANTRI (Studi Kasus di MIT Al Madinah Ponorogo)

RIFA'I, GHULAM (2021) MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PENINGKATAN PROGRAM TAHFIDZ AL QURAN SANTRI (Studi Kasus di MIT Al Madinah Ponorogo). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
502190058_GHULAMRIFAI_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

MIT Al Madinah Ponorogo merupakan lembaga pendidikan dakwah yang berorientasi pada pendidikan Al Qur’an dengan program boarding school, pendidikan tahfidz Al Qur’an, diniyah dan pendidikan umum.Dalam pelaksanaan program tahfidz Al Qur’an MIT Al Madinah Ponorogo menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling).
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang berarti penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang dapat diamati dan atau informasi secara langsung dengan mengunjungi lokasi informan yang berada di MIT Al Madinah Ponorogo, dimana metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analis data, penulis menghasilkan bahwa manajemen boarding school untuk meningkatkan program tahfidz Al Qur’an di MIT Al Madinah Ponorogo menerapkan empat fungsi manajemen. Pertama,perencanaan program tahfidz Al-Qur’an di MIT Al Madinah Ponorogo diantaranya dengan menetapkan tujuan, target dan strategi boarding school.Kedua, pengorganisasian yang dillaksanakan meliputi pembentukan struktur kepengurusan, pembagian dan pembentuka asatidz, membangun hubungan pimpinan dan asatidz serta kerjasama antar asatidz.Ketiga,pelaksanaan yang dilakukan meliputi menentukan tugas dan tanggung jawabnya kepada para asatidz dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Keempat, pengawasan dilaksanakan secara periodik, mulai dari harian, pekanan, bulanan, akhir semester, dan akhir tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MOH.MIFTAKHUL KHOIRI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:19
Last Modified: 04 Jun 2021 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15203

Actions (login required)

View Item View Item