PENERAPAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MLARAK PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nuha, Nevia Ulin (2021) PENERAPAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MLARAK PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211417019_Nevia Ulin Nuha_Tadris IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ulin Nuha, Nevia. 2021. Penerapan Video Animasi Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M. Pd.
Kata Kunci: Video animasi interaktif, hasil belajar siswa
Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran mata pelajaran IPS Terpadu yang masih menggunakan media pembelajaran yang kurang bervariasi, yaitu media yang digunakan hanya berupa media visual seperti buku dan gambar terkait materi. Hal ini mengakibatkan kurangnya ketertarikan siswa untuk memperhatikan pembelajaran dan sulit memahami materi, sehingga hasil belajar siswa banyak yang tidak mencapai standart nilai KKM (73,00). Persentase siswa yang nilainya mencapai standart KKM hanya berjumlah 6,7%.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan media video animasi interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Tahun Pelajaran 2020/2021; 2) untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan video animasi interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil belajar siswa tersebut dibuktikan dengan data-data nilai yang diperoleh setelah diadakannya evaluasi dalam penelitian.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terjadi dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Faktor yang dianalisis yaitu hasil belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yaitu dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbasis video animasi interaktif dapat diterapkan dengan baik di SMP Negeri 1 Mlarak diwujudkan dengan antusias siswa ketika pembelajaran berlangsung; 2) hasil dari penerapan media video animasi interaktif dapat meningkatnya hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa dari kondisi awal sebesar 6,7%, pada siklus I menjadi 66,7%, dan pada siklus II menjadi 90%, dengan nilai rata-rata 45,6 pada kondisi awal, 67,4 pada siklus I, dan 80,33 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RISMA DWI ARISONA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:06
Last Modified: 04 Jun 2021 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15197

Actions (login required)

View Item View Item