(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Manajemen Pemberdayaan Tenaga Administrasi di MI Plus Bunga Bangsa Dolopo Madiun

Jamilah, Nisau (2021) (LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Manajemen Pemberdayaan Tenaga Administrasi di MI Plus Bunga Bangsa Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 211217058 NISAU JAMILAH.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Jamilah, Nisau. 2021. Manajemen Pemberdayaan Tenaga Administrasi Sekolah di MI Plus Bunga Bangsa Dolopo Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. A.B. Musyafa` Fathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Pemberdayaan, Tenaga Administrasi Sekolah.
Tenaga administrasi sekolah merupakan pemegang kendali seluruh kegiatan lembaga pendidikan, bahkan bisa disebut sebagai jantungnya sekolah. Namun kenyataanya banyak lembaga pendidikan yang kurang dalam memberikan perhatian kepada tenaga administrasi sekolahnya. Berbeda dengan MI Plus Bunga Bangsa Dolopo yang senantiasa memberikan perhatian yang lebih kepada tenaga administrasi sekolahnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya program pemberdayaan dalam upaya meningkatkan kompetensi yang dimiliki tenaga administrasi sekolahnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen pemberdayaan tenaga administrasi sekolah di MI Plus Bunga Bangsa Dolopo, yang mencakup (1). Manajemen Pemberdayaan Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Kompetensi kepribadian. (2). Manajemen Pemberdayaan Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Kompetensi manajerial. (3). Manajemen Pemberdayaan Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Kompetensi teknis Di MI Plus Bunga Bangsa Dolopo Madiun.
Untuk mengungkap hal tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang ditunjang oleh tiga teknis pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis menggunakan analisis interaktif.
Dari hasil penelitian ditemukan (1). Pelaksanaan pemberdayaan tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian adalah dengan mengadakan workshop yang diselenggarakan sebelum dimulainya tahun ajaran baru. Program tersebut diselenggarakan oleh yayasan dan dibantu oleh kepala madrasah. Pengadaan program tersebut meiliputi empat tahapan yang dilakukan yaitu dimulai dengan analisis kebutuhan sampai dengan evaluasi kegiatan. (2). MI Plus Bunga Bangsa mengadakan program workshop yang sifatnya tahunan tentang pemberdayaan kompetensi manajerial tenaga administrasi sekolah, pemberdayaan ini dikhususkan untuk kepala tenaga administrasi sekolahnya. Pelaksanaan workshop ini juga meliputi empat tahapan dimulai dengan analisis kebutuhan kepala tenaga administrasi sekolah, kemudian penyusuran rencara, pelaksanaan program, dan diakhiri dengan evaluasi mulai dari awal sampai dengan pelaksanaan. (3). Berbeda dengan kedua pemberdayaan kompetensi diatas, pemberdayaan kompetensi teknis tidak langsung dilakukan oleh pihak sekolah, pemberdayaan ini dilakukan oleh KEMENAG pusat melalui program webinar. Namun selain itu MI Plus Bunga Bangsa Dolopo juga melakukan pemberdayaan harian setiap tenaga administrasi sekolahnya menemui kendala dalam mengerjakan pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:59
Last Modified: 04 Jun 2021 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15189

Actions (login required)

View Item View Item