..(SCAN DOKUMEN ASLI/BERWARNA PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Strategi Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo Dalam Membentuk Karakter Disiplin

Al Qomari, Abdul Aziz (2021) ..(SCAN DOKUMEN ASLI/BERWARNA PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Strategi Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo Dalam Membentuk Karakter Disiplin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316152_ABDUL AZIZ AL QOMARI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABDUL AZIZ AL QOMARI, 2021. Strategi Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo Dalam Membentuk Karakter Disiplin. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pondok Pesantren, Strategi, Disiplin.
Belajar dengan disiplin yang terarah dapat menghindarkan diri dari rasa malas dan menimbulkan kegairahan dalam belajar, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya kemampuan belajar. Disiplin adalah kunci sukses dan keberhasilan. Dengan disiplin seseorang akan yakin bahwa disiplin akan membawa manfaat yang ditimbulkan dengan tindakannya. Setelah berperilaku disiplin, seseorang akan dapat merasakan bahwa disiplin itu pahit tetapi buahnya manis. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah indikator kedisiplinan santri, upaya pondok dalam meningkatkan kedisiplin santri serta faktor yang berkontribusi dalam meningkatkan kedisiplinan santri.
Untuk mengetahui bagaimana Strategi Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo Dalam Membentuk Karakter Disiplin maka peneliti memiliki tujuan di dalam melakuakan penelitian ini yaitu : (1) Menjelaskan indikator disiplin yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo, (2) Menjelaskan upayaPondok Pesantren dalam meningkatkan disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo, (3) Menjelaskan faktor yang berkontribusi dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo.
Sedangkan untuk mencari jawaban atas tujuan-tujuan diatas maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data menggunakan teknik reduksi data, data display, dan pengambilan kesimpulan atau verivikasi
Hasil penelitian ini adalah: (1) indikator disiplin santri disini dapat dilihat dari kegiatan seperti sholat berjamaah, tidak keluar masuk pondok tanpa seizin pengurus, tepat waktu dalam mengikuti kegiatan mengaji, dan juga tingkah laku para santri sudah dikatakan baik seperti halnya berkata jujur, bersikap sopan, dan lain-lain,(2) Adanya sebuah tata tertib ataupun peraturan yang harus di berlakukan juga akan sangat membantu pondok pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan di dalam diri seorang santri, (3) Untuk kendala dari pengurus adalah merasa sungkan karena persamaan umur sehingga kedisiplinan santri kurang terkondisikan, serta faktor internal maupun external yang sngat berpengaruh terhadap seorang santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB.Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:01
Last Modified: 04 Jun 2021 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15182

Actions (login required)

View Item View Item