STRATEGI BRAND COMUNICATION DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SD TERPADU AINUL ULUM PULUNG PONOROGO

Hasim, Ahmad Mahfud (2021) STRATEGI BRAND COMUNICATION DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SD TERPADU AINUL ULUM PULUNG PONOROGO. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
502190052_AHMAD MAHFUD HASIM_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kompetisi dunia pendidikan di era global ini kian hari semakin kuat. Salah satu strategi untuk meningkatkan daya saing sebuah lembaga pendidikan adalah membangun citra lembaga (branding). Strategi yang tepat dalam membangun citra baik suatu lembaga melahirkan hubungan yang harmonis antara sekolah dengan publik sehingga akan terbentuk opini publik yang menguntungkan bagi sekolah. Berdasarkan pengamatan penulis, langkah strategis tersebut diaplikasikan oleh Sekolah Dasar Terpadu Ainul Ulum Pulung, Ponorogo sehingga terbangun kepercayaan publik dan meningkatnya jumlah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kebijakan branding SD Terpadu Ainul Ulum, 2) Mengetahui langkah-langkah sekolah dalam melaksanakan branding, dan 3) Mengetahui dampak branding terhadap peningkatkan jumlah siswa di SD Terpadu Ainul Ulum. pendekatan yang digunakan dlam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif dengan datanya adalah guru, karyawan, wali siswa, masyarakat dan siswa di SD Terpadu Ainul Ulum Pulung. Dalam memperoleh data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis kualitatif dengan model interaktif yang dilakukan selama dan setelah pengumpulan data dilakukan. Kegiatan analisis interaktif ini terdiri dari tiga kegiatan, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Kebijakan strategi branding SD Terpadu Ainul Ulum (1) menentukan brand Terpadu dan dalam mewujudkannya melalui visi dan misi. (2) Membangun citra yang positif terhadap brand melalui program unggulan (Pembelajaran membaca Al-Qur’an, gerakan dan bacaan sholat yang baik dan benar; Menghafal Al-Qur’an Juz 30 dengan baik dan benar; Kegiatan Mondok; Antar Jemput), serta meningkatkan kualitas lembaga sekolah (peningkatan akreditasi, peningkatan prestasi, lulusan, akhlak siswa, wisata religi dan perlombaan mewarnai). Kedua, Pelaksanaan strategi branding SD T Ainul Ulum meliputi strategi ke dalam dan keluar. Kedalam lembaga meliputi peningkatan akreditasi dan peningkatan prestasi dan lulusan, serta menerapkan akhlak yang baik. Sedangkan keluar melalui kegiatan wisata religi dan lomba mewarnai antar TK. Ketiga, Dampak strategi branding adalah terciptanya kualitas pelayanan yang baik, terciptanya akhlak yang baik melalui pembiasaan yang baik. dan peningkatan jumlah siswa yang ada di SD T Ainul Ulum.

ABSTRACT
The world education competition in this global era is increasingly powerful. One strategy to improve the competitiveness of an educational institution is building an agency's image (branding). The correct strategy for establishing a good image leads to a harmonious relationship between school and the public and thus profitable public opinion. Based on the authors' observations, the strategic move was applied by the elementary school Integrated ainul ulum pulung, ponorogo building trust The public and the growing number of students. The study aims to: 1) to know the unified sd branding ainul ulum, 2) to know School steps in carrying out branding, and 3) Identifying the effects of branding on enhancing the number of students in the united ainul ulum elementary school. The approach used in this study is a qualitative approach with a type of decryptive research. The data are teachers, employees, trustees, peoples and students at the unified sd ainul ulum pulung. In obtaining data using observation, interview, and documentary methods. As for the methods used in analyzing data are qualitative analyses with interactive models done during and after data collection is done. The interactive analysis activity consists of three activities: Data reduction, data presentation, and deduction drawing. Research has shown that, first, united ds branding strategy policies Ainul ulum (1) selected a unified brand and made it happen Through vision and mission. (2) build a positive image of brand through superior programs (quran reading, movement and Good and true prayer reading: memorize Koran juz 30 with Good and true; Mole activity; Inter pick), and improve the quality of school institutions (increased accreditation, improved performance, leases, students, religious Tours and coloring contests). The second branding t ainul ulum strategy entails an internal and exit strategy. Inside institutions includes increased accreditation and increased achievement and graduate work, and the application of good morals. Whereas getting out through religious tour activities and kindergarten coloring games. Third, the effect of branding strategy is the invention of quality Good service, good morality through good breeding. And the increasing number of students in the curriculum elementary school.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: NUR KOLIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:56
Last Modified: 04 Jun 2021 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15174

Actions (login required)

View Item View Item