PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA ILMU MELALUI PROGRAM TAHFID " ONE DAY ONE AYAT " TAHUN PELAJARAN 2021/2022 ( Study Deskritif di MI Ma'arif Cekok )

Septiana, Nisaul Afiah (2021) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA ILMU MELALUI PROGRAM TAHFID " ONE DAY ONE AYAT " TAHUN PELAJARAN 2021/2022 ( Study Deskritif di MI Ma'arif Cekok ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617031 NISAUL AFIAH SEPTIANA 03.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afiah Septiana, Nisaul. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Cinta Ilmu Melalui Program Tahfid " One Day One Ayat " Tahun Pelajaran 2021( Study Deskritif di MI Ma'arif Cekok ). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing M. Fathurahman, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pendidikan karakter, Program Tahfid Al-Qur’an, dan Metode “One Day One Ayat”
Pendidikan meruapakan serangkaian usaha yang secara sadar dilakukan oleh setiap invidu manusia guna meneruskan kelangsungan hidupnya, sedangkan karakter sendiri merupakan fitrah yang dianugrahkan kepada manusia sejak ia lahir, namun hal tersebut akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Maka, dengan pendidikankarakteryangterarah secara rutin akan menumbuh kembangkan karakter baik yang melekat tertanam pada diri siswa yang bersifat jangka panjang guna bekalnya kelak. Sehingga melalui program tahfid yang dilaksanakan oleh Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok ini membantu dengan membimbing dan mendidik dari segi intelektualnya dengan menghafal dan memahami Al-Qur’an dengan metode”One Day One Ayat”serta membentuk karakter disiplin dan cinta ilmunya melalui pembiasaaan programnya.
Peneliti ini betujuan untuk (1) Mendiskripsikan bentuk dari program tahfid Al-Qur’an “One Day One Ayat” di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok. (2) Mendiskripsikan program tahfid Al-Qur’an “One Day One Ayat” terhadap Pendidikan Karakter Disiplin Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok. (3) Mendiskripsikan Penerapan program tahfid Al-Qur’an “One Day One Ayat” terhadap Pendidikan Karakter Disiplin Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok.
Untuk memperoleh data guna menjawab beberapa pertanyaan tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi hingga diperoleh berbagai sumber dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh. Dengan pengamatan yang dilakukan secara terus menerus, maka data yang diperoleh memiliki variasi yang sangat tinggi.
Berdasarkan analisis diatas peneliti memperoleh hasil berupa pembelajaran dengan menerapkan program tahfid menggunakan metode “One Day One Ayat” di MI Ma’arif Cekok ini dapat dikatakan berhasil menanamkan karakter disiplin pada siswa dengan pembiasaannya secara rutin. Serta diketahui dari meningkatnya siswa di kelas 4 yang telah mampu menghafalkan surat di Juz 30 dengan baik dan lancar dan siswa telah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik sebagai pembuktian bahwa karakter cinta ilmu yang kuat pada individu siswanya. Dengan pembiasaan tersebut siswa yang berada dalam lingkup madrasah akan memiliki karakter yang sesuai dengan tujuan dan ketika telah dinyatakan lulus siswa akan membawa karakter tersebut secara permanen dalam keberlangsungan hidup mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Fathurahman, M.Pd.I
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:02
Last Modified: 04 Jun 2021 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15173

Actions (login required)

View Item View Item