Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VIII MTS Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun

Ikhwan, Arif Choirul (2021) Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VIII MTS Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
arief chirul ikhwan...pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ikwan, Arif Choirul. 2021.Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan PendidikanAgama IslamInstitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti RohmaturrosyidahRatnawati. M.Pd.I.
Kata kunci: Metode Ceramah, Metode Diskusi, Hasil Belajar, Aqidah Akhlaq
Dalam pendidikan, metode pembelajaran sangatlah dibutuhkan oleh guru dan siswa. Metode pembelajaran mempunyai pengaruh sangat besar terhadap hasil belajar siswa, karena penyampaian materi dengan metode yang tepat akan lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa, permasalahannya masih terdapat banyak siswa yang masih tidak memperhatikan guru saat mengajar, ditemukan 7 dari 34 siswa peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun aktif dalam mengikuti pembelajaran metode ceramah, dan hasil yang mereka peroleh baik. Yang artinya hanya sedikit siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga tidak semua siswa paham dengan materi yang diajarkan, ketika guru menambahkan metode diskusi, nilai-nilai siswa menjadi baik dan maksimal hal ini dibuktikan dalam kegiatan belajar mengajar yang mana siswa lebih tertarik dan mampu menyerap dengan baik apabila materi disampaikan menggunakan metode yang sesuai.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan seberapa pengaruh metode ceramah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun. 2) Untuk menjelaskan seberapa pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun. 3) Untuk menjelaskan seberapa pengaruh metodeceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 25% dari seluruh kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun yaitu sebanyak 34 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh metode ceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq.
Berdasarkan analisis data tersebut, disimpulkan bahwa: 1) metode ceramah terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun memiliki pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 15,4%, 2) metode diskusi terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun memiliki pengaruh yang signifikan, yaitu sebesar 15,5%, 3) metode ceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun memiliki pengaruh yang signifikan, yaitu sebesar 28,2 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:52
Last Modified: 10 Jun 2021 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15169

Actions (login required)

View Item View Item