pengaruh keteladanan guru dan kesadaran diri terhadap kedisiplinan siswi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas viii mts darul huda mayak tonatan ponorogo tahun ajaran 2020/2021

Agustiningrum, Syndi (2021) pengaruh keteladanan guru dan kesadaran diri terhadap kedisiplinan siswi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas viii mts darul huda mayak tonatan ponorogo tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317263_SYNDI AGUSTININGRUM_PAI.pdf

Download (956kB) | Preview

Abstract

Agustiningrum, Syndi. 2021. Pengaruh Keteladanan Guru dan Kesadaran Diri terhadap Kedisiplinan Siswi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Keteladanan Guru, Kesadaran Diri, Kedisiplinan Siswi.
Seorang peserta didik haruslah memiliki kedisiplinan yang baik, karena dengan kedisiplinan siswi kelas VIII dalam pembelajaran akidah akhlak dapat mengatur waktu dengan bijak, baik di dalam kelas maupun kehidupan sehari-hari siswi. Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian tingkah laku yang mennjukkan ketaatan terhadap suatu peraturan. Kedisiplinan menjadi tolak ukur siswi untuk sejauh mana seorang siswi bisa membagi waktu dan menaati peraturan kelas yang berlaku dengan baik. Berbicara mengenai realita sekarang, masih ditemukan beberapa siswi yang belum bisa mengatur waktu dan menaati peraturan dengan baik. Hal tersebut bisa dikarenakan kurangnya keteladanan guru akidah akhlak dan kurangnya kesadaran diri siswi kelas VIII. Dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, melalui wawancara dengan salah satu guru akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, diperoleh informasi bahwa beberapa siswi di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda, kedisiplinan siswi belum maksimal. Hal ini ditandai dengan beberapa bukti sebagai berikut: datang ke madrasah terlambat, membawa buku pelajaran tidak sesuai dengan jadwal dan tidak mengerjakan tugas.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui signifikansi pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswi pada mata pelajaran akidah akhlak; (2) mengetahui signifikansi pengaruh kesadaran diri siswi terhadap kedisiplinan siswi pada mata pelajaran akidah akhlak; (3) mengetahui signifikansi pengaruh keteladanan guru dan kesadaran diri siswi terhadap kedisiplinan siswi pada mata pelajaran akidah akhlak. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda, yaitu sejumlah 280 siswi. Adapun sampel yang diambil oleh peneliti adalah 155 responden. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) keteladanan guru berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan siswi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, dengan prosentase sebesar 5%. (2) kesadaran diri dalam pembelajaran akidah akhlak kelasVIII berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan siswi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, dengan prosentase sebesar 19,8 %. (3) keteladanan guru akidah akhlak dan kesadaran diri kelas VIII berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan siswi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, dengan prosentase sebesar 22,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: andhita dessy wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:50
Last Modified: 04 Jun 2021 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15166

Actions (login required)

View Item View Item