..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Pendidikan Karakter Menurut Azyumardi Azra Dan Implikasinya Dalam Lembaga Pendidikan Agama Islam Di Indonesia

Agustyan, Andika (2021) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Pendidikan Karakter Menurut Azyumardi Azra Dan Implikasinya Dalam Lembaga Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210316039_ANDIKA AGUSTYAN_SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Agustyan, Andika. 2021. Pendidikan Karakter menurut Azyumardi Azra dan Implikasinya dalam pembelajaran di lembaga Pendidikan Agama Islam Indonesia.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Isntitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam.
Pendidikan karakter merupakan sebuah proses tranformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dalam kehidupan orang itu. Saat ini banyak pelajar atau lulusan pendidikan yang kurang menunjukkan sifat terpuji. Banyak dari mereka yang melakukan sikap penyimpangan sosial. Di antara penyebab dari permasalahan tersebut adalah pendidikan yang hanya menekankan aspek kognitif atau kecerdasan intelektual saja, sementara aspek afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan.
Ayumardi Azra mengatakan bahwa pendidikan bukan sekedar transfer ilmu tetapi juga mencakup kepribadian atau karakter anak. Dengan adanya fakta tersebut, maka dirasa perlu untuk mengkaji pemikiran Azyumardi Azra tentang pendidikan khususnya dalam pendidikan karakter dan implikasinya dalam lembaga pendidikan agama Islam Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan pemikiran pendidikan karakter menurut Azyumardi Azra, (2) mendiskripsikan implikasi pemikiran pendidikan karakter menurut Azyumardi Azra dalam pembelajaran di lembaga pendidikan agama Islam indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian (Library reseach). Dalam penelitian ini menggunakan teknik Analisis Deskritif dan Metode Content Analisis (analisis) yaitu dengan mengumpulkan dan Menyusun data yang diambil dari beberapa buku karya Azyumardi Azra serta buku-buku pendukung lainya, kemudian dilakukan analisis terhadap data tersebut.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) suatu proses dimana suatu bangsa mempersiapkan generasi mudanya untuk menjalankan kehidupannya, dengan tidak hanya mengembangkan aspek kognitifnya tetapi juga aspek afektif dan psiko-motorik peserta didik. (2) implikasi pemikiran pendidikan karakter Azyumardi Azra dalam pembelajaran di lembaga Pendidikan agama Islam formal,no formal dan informal adalah anak akan memiliki kecerdasan emosi sehingga anak mempunyai bekal dalam menghadapi setiap masalah atau tantangan dan berhasil dalam akademis dan agamis, Adanya penanamanan nilai-nilai estetika dan etika dalam pembentukan karakter anak dilakukan dalam lingkungan masyarakat, tebentuknya keluarga yang memiliki semangat dan kecintaan untuk mempelajari dan menghayati ajaran-ajaran agama dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:54
Last Modified: 04 Jun 2021 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

View Item View Item