[LENGKAPI PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN] Tinjauan Etika Bisnis Terhadap Jual Beli Buah Karbitan Di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

Wahyu, Dwi Mega (2021) [LENGKAPI PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN] Tinjauan Etika Bisnis Terhadap Jual Beli Buah Karbitan Di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210214330_DWI MEGA WAHYU_HES.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dwi Mega Wahyu, 2021, Tinjuan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Buah Karbitan Di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Achmad Baihaqi, SH.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Akad, Penetapan Harga.
Didalam etika bisnis jual beli, yang terpenting adalah kejujuran. Kejujuran merupakan puncak moralitas iman dan karakteristik yang menonjol dari orang-orang beriman. Sebaliknya kebohongan adalah pangkal cabang kemunafikan. Salah satu praktek yang kurang tepat mengenai bisnis adalah jual beli buah karbitan yang dilakukan pedagang di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Mereka menjual buah karbitan tanpa menjelaskan bagaimana proses buah yang dijual. Hal itu pedagang lakukan karena minimnya kuantitas buah yang matang dan proses pematangan yang relatif lama dan permintaan yang banyak, maka ada pedagang melakukan hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar yang kebanyakan dari para pedagang toko oleh-oleh.
Dari ulasan diatas, ada beberapa permasalahan yang penulis hendak kaji, yaitu: (1) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap akad jual beli buah karbitan? (2) Bagaimana tinjuan etika bisnis Islam terhadap penetapan harga jual beli buah karbitan?
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Oleh sebab itu, penulis mengadakan penelitian di Desa Hadiwarno, Pacitan. pendekatan penelitian ini adalah pendekatan normatif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisanya dengan menggunakan metode berfikir induktif yang bertitik tolak “khusus ke umum”.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan sesuai dengan rumusan masalahnya bahwa dalam proses akad jual beli tidak sesuai dengan prinsip dasar etika bisnis Islam, karena tidak sesuai prinsip kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran, sebab pedagang mengganti kualitas buah matang tetapi hasil proses pengarbitan. Kemudian pada proses akad jual beli buah karbitan juga tidak sesuai dengan prinsip jual beli, yaitu larangan tadlis atau penipuan. Sedangkan etika jual beli dengan pembeli dari pengusaha toko oleh-oleh sudah sesuai dasar Etika Bisnis Islam, karena sebagian konsumen telah mengetahui bahwa buah yang didapat adalah buah pisang hasil dari proses karbitan. Mengenai penetapan harga jual beli buah karbitan telah melanggar prinsip etika bisnis Islam, yakni proses penetapan harga yang dilakukan pedagang dengan pembeli dari warga Hadiwarno dan sekitarnya, karena pembeli mendapatkan buah dengan berat yang berbeda-beda dan selisih yang lumayan banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Baihaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:32
Last Modified: 04 Jun 2021 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15160

Actions (login required)

View Item View Item