Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo

Faradila, Elok Kuneta (2021) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS_ELOK KUNETA FARADILA_502190012_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dirasa masih belum maksimal. Hal ini mengakibatkan pada merosotnya prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu adanya pengembangan standar isi yang tertera pada Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, standar proses yang tertera pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan standar penilaian yang tertera pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan pada bab X pasal 36 ayat 1 menyebutkan bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diukur dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengembangan standar isi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo; (2) menjelaskan pengembangan standar proses kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut; dan (3) menjelaskan pengembangan standar penilaian kurikulum Pendidikan Agama Islam yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan standar isi di SMP Negeri 1 Jetis meliputi pengembangan kegiatan ekstrakurikuler. Pengembangan standar proses di SMP Negeri 1 Jetis meliputi pengembangan hidden curriculum yaitu role model dari guru. Pengembangan standar penilaian di SMP Negeri 1 Jetis meliputi penggabungan ketiga aspek penilaian yaitu aspek sosial, pengetahuan, dan keterampilan, dimana melibatkan bantuan orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:45
Last Modified: 04 Jun 2021 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15156

Actions (login required)

View Item View Item