..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Di MA Darul Huda Mayak)

Atikah, Nurul (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Di MA Darul Huda Mayak). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217023_NURUL ATIKAH_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Atikah, Nurul. 2021.Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Di Ma Darul Huda Mayak )Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Ghofar, M.Pd.I
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Kompetensi manajerial dalam penelitian ini adalah kompetensi manajerial kepala masrah MA Darul Huda Mayak. Kepala madrasah sebagai seorang manajer sudah selayaknya untuk menjalankan tugas yang diembannya mulai dari proses perencanaan hingga sampai proses evaluasi. Dalam rangka peningkatan kinerja guru, tak terlepas juga dari peran manajerial kepala madrasah, yang dalam hal ini bertugas untuk menyusun program peningkatan kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penyusunan program kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Huda Mayak (2) mengetahui pelaksanakan program kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Huda Mayak (3) mengetahui pengevaluasian program kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Huda Mayak.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang digunakan sebagai pengumpulan data. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah teknik Miles dan Hubermanyang terdiri dari : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan (1) perencanaan program yang disusun oleh kepala madrasah disusun diawal semester, disusun bersamaan dengan program sekolah yang lainnya dan melibatkan para guru (2) pelaksanaan program peningkatan kinerja berdasarkan atas perencanaan program yang telah disusun sebelumnya, pada tahapan pelaksanaan ini kepala madrasah mengikutkan guru untuk mengikuti kegiatan seperti pelatihan dan diklat, serta kepala madrasah juga selalu memberikan motivasi dalam setiap kesempatao kepada guru (3) pengevaluasian program ini dilaksanakan langsung oleh kepala madrasah dengan mengecek secara langsug ke kelas-kelas dan dengan melihat dari tolak ukur nilai rapor peserta didik untuk melihat tingkat keterlaksanaan program sehingga dapat diambil keputusan tentang kelanjutan program.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:55
Last Modified: 04 Jun 2021 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15154

Actions (login required)

View Item View Item