Pergeseran Sosial Terkait Adat Jilu Di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Madiun

Putra, Ginting Kurnia (2021) Pergeseran Sosial Terkait Adat Jilu Di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPLOAD GINTING-dikonversi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Wonoasri adalah masyarakat yang berkembang secara signifikan. Oleh sebab itu proses kecenderungan untuk terjadinya sebuah perubahan sosial itu sangat wajar. Banyaknya tradisi atau larangan-larangan adat yang tidak memperbolehkan terjadi pernikahan kecuali dengan hitungan yang tepat membuat sebagian penganut adat jawa harus berfikir dua kali untuk memilih pasangan dalam melakukan pernikahan. Pada umumnya dulu sebagian masyarakat di desa tersebut masih berpegang teguh dan meyakini terhadap tradisi perkawinan, contohnya disana masih mempercayai tradisi larangan nikah adat jilu. Dalam sebuah proses yang panjang, pada akhirnya masyarakat meninggalkan tradisi dan sebagian besar sudah tidak mempercayai adat tersebut, karena masyarakat sadar bahwa tradisi tersebut hanyalah mitos dan tidak akan terjadi dengan didasari keyakinan.
Berangkat dari latar belakang tersebut Penulis tertarik melakukan Penelitian terkait tinjauan perubahan sosial terkait adat jilu di desa wonoasri kabupaten madiun dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses perubahan sosial terkait tradisi adat jilu dalam pernikahan pada masyarakat Wonoasri? (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan sosial terkait adat jilu pada masyarakat Wonoasri?
Penelitian ini adalah jenis Penelitian kualitatif dengan menggunakan teori perubahan sosial. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perubahan yang terjadi di desa wonoasri. Sumber penelitian ini adalah data primer yang diambil langsung dari lapangan melalui wawancara dengan sesepuh di desa wonoasri. Sedangkan data sekunder adalah data yang di ambil dari lembaga-lembaga pemerintah yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah wawancara dengan informan atau sesepuh desa wonoasri yang dipilih dan observasi, data tersebut kemudian di analisis secara kualitatif dengan disajikan dalam bentuk narasi untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian. Setelah analisis data selesai, dilakukan penarikan kesimpulan dengan cara memahami dari data penelitian yang sudah tersaji.
Hal ini dibuktikannya dengan adanya perubahan-perubahan sosial di desa wonoasri seperti perubahan di desa wonoasri, yang dulu sangat menghormati atau saklek dengan tradisi adat, namun sekarang sudah hamper semua masyarakat tersebut tidak lagi menjalankan tradisi tersebut, karena semakin banyak masyarakat yang pemikirannya lebih modern dan menganggap semua itu hanyalah mitos. Beberapa faktor pun juga mempengaruhi adanya perubahan, salah satunya faktor pendidikan, dimana masyarakat yang dulu hanya tamatan SMP ataupun SMA, namun sekarang sudah banyak yang melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga masyarakat di desa wonoasri semakin maju dan berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: LUHUR PRASETYO
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:44
Last Modified: 04 Jun 2021 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15147

Actions (login required)

View Item View Item