Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Bakat Siswa melalui Program Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo

Ariani, Risky (2021) Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Bakat Siswa melalui Program Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217043_RISKY ARIANI_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ariani, Risky. 2017. Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Bakat Siswa melalui Program Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Nur Rahmi Sonia M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Bakat, Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu kegiatan pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan peserta didik di luar jam belajar mengajar di kelas. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah ekstrakurikuler pramuka. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka merupakan wadah yang tepat dalam mengembangkan bakat peserta didik. Tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di luar bidang akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses manajemen kesiswaan dalam pengembangan bakat siswa melalui program ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses kegiatan manajemen kesiswaan dalam pengembangan bakat siswa melalui program ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan demikian, hasil penelitian nantinya berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Proses manajemen kesiswaan dalam pengembangan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Sambit dimulai dengan kegiatan perencanaan ekstrakurikuler pramuka yang akan dijalankan dalam kurun waktu satu tahun ajaran. Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Sambit didukung oleh adanya pembina yang ahli dibidangnya, sehingga bakat yang dimiliki peserta didik dapat tersalurkan dengan baik. Selanjutnya adalah kegiatan pelaksanaan ekstrakurikuler, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Sambit pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara virtual/daring melalui aplikasi media online. Kegiatan terakhir adalah evaluasi, kegiatan evaluasi di SMA Negeri 1 Sambit dilaksanakan untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (2) Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Sambit yaitu sarana dan prasarana yang memadai, tersedianya dana, dukungan dari pihak sekolah dan antusias pembina serta peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Faktor Penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Sambit yaitu terbatasnya waktu dan semangat dari pembina serta peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:37
Last Modified: 04 Jun 2021 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15141

Actions (login required)

View Item View Item