..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI,UPLOAD ULANG)..Implementasi Pendekatan Dinamika Kelompok Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meminimalisasi Tindakan Bullying Di MTs Negeri 1 Pacitan

Kumalasari, Essa Sita (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI,UPLOAD ULANG)..Implementasi Pendekatan Dinamika Kelompok Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meminimalisasi Tindakan Bullying Di MTs Negeri 1 Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e theses SKRIPSI 210316279 ESSA SITA KUMALASARI.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kumalasari, Essa Sita. 2020. Implementasi Pendekatan Dinamika Kelompok Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meminimalisasi Tindakan Bullying Di Mts Negeri I Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Natsir, M.Pd.I.
Kata Kunci: Implementasi Pendekatan Dinamika Kelompok, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Meminimalisasi Tindakan Bullying.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, kasus bullying yang belakangan marak terjadi pada usi remaja awal yang tejadi dilingkungan sekolah. Tindakan bullying dalam bentuk apapun tentu tidak akan pernah dibernakan meskipun menggunakan berbagai macam alasan. Karena tindakan ini dapat melukai korban secara fisik maupun mental. Senioritas dan geng bukan hal dibenarkan bagi mereka untuk menindas yang mereka anggap lemah hanya untuk mencapai rasa puas karena telah berhail membuat orang lain tunduk pada mereka, pelaku pembullyan. Lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah baiknya dapat berkeja sama untuk mengurangi maupun mencegah terjadinya hal tersebut terjadi lagi. Dalam mata pelajaran akidah akhlak mestinya guru dapat menyampaikan dengan baik poin-poin yang ada agar mereka memiliki akidah dan juga akhlak yang baik. Akhlak yang baik adalah kunci menekan angka pembullyan dilingkungan sekolah. Pendekatan dinamika kelompok adalah satu cara yang dapat dignakan guu mata pelajaran akidah akhlak untuk dapat menyatukan siswa yang dianggap kuat dan lemah agar mereka bisa menghargai satu sama lain.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemahaman siswa tentang tindakan bullying. 2) Mengetahui peran guru dalam meminimalisasi tindakan bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. 3) Mengetahui sejauh mana pendekatan dinamika kelompok pada mata pelajaran akidah akhlak dapat berfungsi untuk meminimalisasi tindakan bullying yang terjadi dilingkungan sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan peneliti sebagai instrumen. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak, guru BK, serta siswa kelas IX MTs Negeri 1 Pacitan.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Siswa memiliki pemahaman bahwa bullying adalah menggunakan kelemahan orang lain, menghina fisi, kepribadian, dan latar belakang orang lain dengan merasa lebih baik dari orang lain agar mendapat pengakuan. 2) Guru mata pelajaran akidah akhlak sering menggunakan pendekatan dinamika kelompok saat proses pembelajaran. Penggunaan pendekatan dinamika kelompok dirasa guru dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. 3) Pendekatan dinamika kelompok dapat menekan angka bullying karena guru berusaha membuat para siswa dalam satu kelompok agar dapat bertukar pikiran dan berkomunikasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:39
Last Modified: 04 Jun 2021 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

View Item View Item