..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJAN PUBLIKASI, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..KONSEP BIRR AL-WĀLIDAIN YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-AHQĀF AYAT 15-18 PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB

Anugraini, Ro'issul Ulfah (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJAN PUBLIKASI, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..KONSEP BIRR AL-WĀLIDAIN YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-AHQĀF AYAT 15-18 PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210317117_RO'ISSUL ULFAH ANUGRAINI_PAI.docx

Download (1MB)

Abstract

Anugraini, Ro’issul Ulfah. 2021, “Konsep Birr Al-Wālidain Yang Terkandung Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahqāf Ayat 15-18 Perspektif Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab” Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing: Dr. Sutoyo, M. Ag.
Kata Kunci : Birr Al-Wālidain, Tafsir Al-Misbah, M. Quraish Shihab.
Latar belakang penelitian ini diangkat dari studi kasus yang mana pada kenyatannya di masyarakat terjadi kebobrokan akhlak. Seharusnya anak bersikap baik terhadap kedua orang tuanya tetapi di lapangan banyak anak yang memperlakukan kedua orang tuanya tidak sebagaimana mestinya, contoh seperti membentak, memukul, bahkan hingga membunuh kedua orang tuanya hanya dikarenakan hal sepele. Hal tersebut tidak seharusnya dicontoh. Dalam hal ini mungkin sebagian besar anak kurang memperhatikan tanggung jawab seorang anak dan bagaimana seharusnya anak bersikap kepada kedua orang tuanya, sehingga ia berlaku sewenang-wenangnya terhadap orang tua. anak seharusnya menggunakan konsep yang baik sebagaimana yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al-Ahqāf ayat 15-18 yang menjelaskan tentang berbakti kepada kedua orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep birr al-wālidain yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al-Ahqāf ayat 15-18 dan (2) mengetahui implementasi konsep birr al-wālidain yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al-Ahqāf ayat 15-18 perspektif Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab di era digital.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode content analisis atau analisis isi dari kitab tafsir Al-Misbah jilid 13 serta buku yang berkaitan dengan konsep birr al-wālidain. Data yang digunakan berupa data primer dari kitab Tafsir Al-Misbah. Sedangkan untuk data sekunder berupa buku-buku pendukung terkait dengan birr al-wālidain dan buku cahaya cinta dan canda terkait biografi M. Quraish Shihab.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep birr al-wālidain yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al-Ahqāf ayat 15-18 adalah dengan berbuat baik kepada kedua orang tua baik dalam hal ucapan maupun perbuatannya, mendoakan keduanya dengan doa yang baik juga keturunannya agar menjadi keturunan yang sholih sholihah, memenuhi segala kebutuhan sesuai kemampuan anak dan anak harus lebih mengutamakan kedua orang tua diatas segalanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:31
Last Modified: 04 Jun 2021 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15136

Actions (login required)

View Item View Item