Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah dalam Peningkatan Etos Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar Durisawo Ponorogo

In'am, Miftahul (2021) Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah dalam Peningkatan Etos Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502190061_MIFTAHUL IN'AM_MPI_MADIN-converted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN ETOS KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KAUTSAR DURISAWO PONOROGO

ABSTRAK
Inti dalam sebuah proses pendidikan adalah guru yang profesional. Di antara sekian indikator guru profesional adalah etos kerja. Etos kerja menjadi daya penggerak seorang guru dalam mengemban titah profesinya. Peningkatan etos kerja guru terkait erat dengan model kepemimpinan yang diterapkan kepala madrasah. Model kepemimpinan transformatif memberikan harapan besar dalam mewujudkannya. Berdasarkan rumusan masalah tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, individual consideration kepemimpinan transformatif kepala madrasah dalam peningkatan etos kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Idealized influence kepemimpinan kepala madrasah dilakukan dengan menjadi sosok panutan yang diteladani, berprinsip “ibda’ binafsik”memulai dari diri sediri, bersikap ramah, supel dan familiar, komitmen dan percaya diri dan merupakan sosok idealis, prinsipil, visioner dan dinamis. 2) Inspirational motivation kepemimpinan transformatif kepala madrasah diejawantahkan dalam pemberian motivasi dengan kata-kata yang menginspirasi, inspiratif, memposisikan diri sebagai sahabat, melakukan pendekatan personal ataupun grup, intensif membangun komunikasi, sharing berbagi pengalaman, memantau perkembangan dan permasalahan pembelajaran, berupaya bersama mencari solusi, menciptakan suasana keakraban, kekeluargaan dan rela berkorban dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. 3) Intellectual stimulation dilakukan kepala madrasah dengan menciptakan sarana dan media pengembangan diri guru, membuat teamwork/kelompok kerja dalam mendesain inovasi pembelajaran, terbuka terhadap usul, saran dan kritik konstruktif, memberikan ruang dan akses untuk mengemukakan pendapat sehingga muncul rasa nyaman dari setiap warga madrasah, dan memberikan kesempatan kepada semua dewan guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam upaya meningkatkan karir dan profesionalitas tenaga pendidik, bahkan mendorong kepada para guru untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 4) Individual consideration yang dilakukan kepala madrasah antara lain dengan mengikut sertakan guru dan karyawan dalam pelatihan, KKG, workshop, webinar dan zoom meeting, memenuhi kebutuhan guru dan karyawan, memotivasi dan memberikan wadah media sharing program pembelajaran, memberikan wewenang dan tugas sesuai dengan kompetensi dan latar belakang pendidikannya, menciptakan media pengembangan dan aktualisasi diri dan memberlakukan kebijakan yang berkaitan dengan reward dan punishment.

TRANSFORMATIVE LEADERSHIP OF MADRASAH'S HEAD IN IMPROVING TEACHER WORK ETHOS IN MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KAUTSAR DURISAWO PONOROGO

ABSTRACT
The core of an educational process is a professional teacher. Among the indicators of professional teachers is work ethic. Work ethic is the driving force of a teacher in carrying out the orders of his profession. Increasing the work ethic of teachers is closely related to the leadership model applied by the head of madrasah. The transformative leadership model provides great hope in making it happen. Based on the formulation of the problem, the purpose of this study is to describe idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, individual consideration of the principal's transformative leadership in improving the work ethic of teachers at Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. This research uses a qualitative approach. The research location is in Madrasah Ibtidaiyah Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. This research data collection through interviews, observation and documentation. Data analysis used Miles and Huberman's model. The results showed that 1) Idealized influence on the leadership of madrasah principals was carried out by becoming an exemplary role model, with the principles of "ibda 'binafsik" starting from oneself, being friendly, sociable and familiar, committed and confident and being idealistic, principled, visionary and dynamic. 2) Inspirational motivation, transformative leadership of the principal of madrasah is embodied in providing motivation with words that inspire, inspire, position themselves as friends, take a personal or group approach, intensively build communication, share experiences, monitor developments and learning problems, strive together to find solutions, creating an atmosphere of intimacy, kinship and self-sacrifice in carrying out duties and responsibilities. 3) Intellectual stimulation is carried out by the head of madrasah by creating means and media for teacher self-development, creating teamwork/working groups in designing learning innovations, being open to suggestions, suggestions and constructive criticism, providing space and access to express opinions so that a sense of comfort appears from each madrasah member. And provide opportunities for all teacher councils to take part in education and training in an effort to improve the careers and professionalism of educators, and even encourage teachers to continue to higher education levels. 4) Individual consideration made by the principal of madrasah, among others, by including teachers and employees in training, KKG, workshops, webinars and zoom meetings, fulfilling the needs of teachers and employees, motivating and providing media for sharing learning programs, giving authority and assignments according to competence and educational background, creating media for development and self-actualization and enforcing policies related to reward and punishment.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:18
Last Modified: 04 Jun 2021 04:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15133

Actions (login required)

View Item View Item