PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) DI MA MUHAMMADIYAH 2 YANGGONG JENANGAN PONOROGO

Rahmadi, Rofiq Nasrulloh (2021) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) DI MA MUHAMMADIYAH 2 YANGGONG JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ROFIQ NASRULLOH R.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahmadi, Rofiq Nasrulloh. 2021. Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fery Diantoro, M.Pd.I.

Kata kunci: Mutu Pendidikan, Evaluasi Diri Sekolah (EDS)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh alasan bahwa dalam perkembangan lembaga pendidikan ada berbagai permasalahan yang harus segera diupayakan penyelesaiannya. Di antara permasalahan tersebut peneliti menemukan fenomena mengenai rendahnya mutu pendidikan. Mutu pendidikan merupakan kesesuaian antara kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dengan layanan yang diberikan oleh pengelola pendidikan. Sebagai alternatif solusi ada banyak upaya yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah. Salah satunya dengan penerapan Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui implikasi dari penerapan EDS terhadap mutu pendidikan sebagai salah satu alternatif solusi.
Penelitian ini bertujuan: Untuk menjelaskan penerapan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di MA. Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo; Untuk menjelaskan implikasi penerapan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terhadap mutu pendidikan di MA. Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo; dan Untuk menjelaskan faktor penghambat dan pendukung penerapan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA. Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, penelitian ini menghasilkan: Penerapan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di MA. Muhammadiyah 2 Yanggon Jenangan Ponorogo adalah sebagai berikut: Pertama, pemberian sosialisasi atau pengarahan tentang EDS. Kedua, penentuan target atau tujuan. Ketiga, membentuk tim penyusun EDS. Keempat, pembagian tugas. Kelima, pengisian instrumen EDS. Keenam, pelaksanaan EDS. Ketujuh, analisis data hasil EDS, dan kedelapan, tindak lanjut dari hasil EDS. Implikasi Penerapan EDS Terhadap Mutu Pendidikan di MA. Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo berdampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan. Faktor penghambat penerapan EDS adalah belum terpenuhinya standar sarana dan prasarana dan kurangnya pendanaan. Faktor pendukung penerapan penerapan EDS di MA. Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo. Faktor tersebut adalah loyalitas dan rasa kepercayaan yang terpupuk baik dan juga kerjasama yang baik dari semua pihak, kerjasama tim yang solid dan selalu mengedepankan kepentingan bersama, rasa saling percaya dan saling dukung dari setiap tim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:19
Last Modified: 04 Jun 2021 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15129

Actions (login required)

View Item View Item