Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Hapsari, Palupi (2021) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417025_PALUPI HAPSARI_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hapsari, palupi 2021.Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sambit Tahun Ajaran 2020/2021.Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag.

Kata Kunci: Kondisis Sosial Ekonomi, Hasil Belajar

Lingkungan keluarga khususnya kedua orang tua merupakan dimensi terpenting dan utamabagi perkembangan anak baik perkembangan fisik maupun psikis. Dalam hal ini orang tua harus memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anaknya, tidak hanya memberikan perhatian dan Kasih sayang tetapi orang tua juga harus dapat memenuhi segala kebutuhan anak termasuk kebutuhan pendidikan sehingga anak akan terdorong motivasinya untuk giat belajar dan berprestasi di sekolah. Oleh karena itu kondisi sosial ekonomi orang tua merupakan faktor pendukung utama untuk anak dapat berprestasi dan menjalankan proses pendidikan dengan baik..
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021, (2)Untuk mengtehaui hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021, (3) Untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2020/2021
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi.Teknik analisis datanay menggunakan rumus statistik regresi linier sederhana dengan perhitungan aplikasi SPSS.Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket atau kuisioner dan dokumentasi.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 70 siswa, dan banakynay sampel yang diambil adalah 100% dari jumlah populasi yaitu 70 siswa.
Dari hasil penelitian sederhana ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Kondisi sosial ekonomi orang tua kelas..8 SMP Negeri 1 Sambit tahun pelajaran 2020/2021 secara umum dapat dikatakan dalam kategori sedang yaitu dengan nilai prosentase sebesar 63%, (2) Hasil belajar IPS Terpadu...siswa..kelas 8 SMP Negeri 1 Sambit tahun pelajaran 2020/2021 secara..umum..dapat..dikatakan bahwa hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas 8 SMPN 1 Sambit adalah dalam kategori sedang yaitu dengan nilai prosentase 70%, (3) kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh..secara..signifikan..terhadap hasil..belajar..IPS terpadu siswa kelas..VIII..SMP Negeri 1 Sambit tahun..ajaran 2020/2021 ditunjukkan dengan nilai karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti gagal tolak H0.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:47
Last Modified: 04 Jun 2021 04:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15123

Actions (login required)

View Item View Item