Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo

Yuliani, Yuliani (2021) Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316143_YULIANI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuliani, 2021. Internalisasi Nilai Karaker Disiplin Siswa di Madrasah Al-Islam Joresan Mlarak Ponrogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing. Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I
Kata kunci : Internalisasi Nilai, Karakter, Disiplin.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukan beberapa kegiatan yang sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan karakter disiplin siswa agar menjadi lebih baik lagi. MA Al-Islam Joresan merupakan salah satu lembaga yang selalu berupaya meningkatkan karakter disiplin siswa-siswi melalui kegiatan-kegiatan yang ada lembaga tersebut.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: !.) Upaya madrasah dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo; 2.) Pelaksanaan internalisasi nilai karakter disiplin siswa di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo; 3.) Hasil internalisasi karakter kedisiplinan siswa di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menurut pakar Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo ditemukan bahwa: 1.) Upaya madrasah dalam meningkatkan karakter disiplin siswa yaitu yang dimulai dari sebuah kebijakan madrasah, pemberlakuan tata tertib madrasah, pendisiplinan dengan membentuk tim penegak disiplin, penanaman kesadaran berdisiplin dalam diri siswa dengan menerapkan sikap disiplin setiap hari agar menjadi kebiasaan, menanamkan karakter disiplin melalui beberapa kegiatan; 2.) Pelaksanaan internalisasi nilai karakter disiplin siswa di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo ditanamkan melalui beberapa kegiatan diantaranya: Pekan Perkenalan, kegiatan operasi keliling, upacara, tadarus pagi dan ekstrakurikuler; 3.) Hasil internalisasi karakter kedisiplinan siswa di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo tersebut yaitu : siswa lebih tertib & sadar akan disiplin dan kegiatan madrasah berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:28
Last Modified: 04 Jun 2021 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15121

Actions (login required)

View Item View Item