Upaya Takmir Masjid Al Ukhuwah Dalam Menarik Minat Keagamaan Masyarakat Desa Nglanduk Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun

Shafroni, Mujaf (2021) Upaya Takmir Masjid Al Ukhuwah Dalam Menarik Minat Keagamaan Masyarakat Desa Nglanduk Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316229_UPLOAD_MUJAF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Shafroni, Mujaf. 2021. Upaya Takmir Masjid Al Ukhuwah dalam Menarik Minat Keagamaan Masyarakat Desa Nglanduk Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muhamad Nurdin, M. Ag.

Kata kunci: Upaya Takmir Masjid, Menarik Minat, Keagamaan
Keberadaan takmir masjid sangat penting bagi masyarakat untuk menggerakan kegiatan masjid baik didalam masjid maupun disekitar lingkungan masjid. Upaya memakmurkan masjid dapat dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan bersama-sama oleh beberapa orang. Dan takmir masjid yang menjadi penanggung jawab kegiatan yang berada di masjid. Beberapa kegiatan dibentuk oleh takmir masjid dengan tujuan menarik minat masyarakat dalam menghidupkan masjid.
Berdasarkan dari latar belakang masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Untuk mengetahui bentuk upaya yang dilakukan oleh takmir masjid Al Ukhuwah dalam menarik minat keagamaan masyarakat Desa Nglanduk Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. (2) Untuk mengetahui perkembangan minat keagamaan masyarakat setelah diadakan upaya oleh takmir masjid Al Ukhuwah Desa Nglanduk Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun
Untuk menjawab penelitian diatas penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu pengumpulan data, pemilihan data, dan pemeriksaan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Upaya takmir masjid sangat membawa dampak dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya kegiatan tersebut takmir mampu membantu masyarakat untuk belajar dalam hal agama. (2) Perkembangan masyarakat setelah diadakan upaya oleh takmir juga mengalami peningkatan yang lebih baik, baik dalam segi kuantitas maupun kualitas. Banyak masyarakat yang menyadari betapa pentingnya mempelajari ilmu agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:17
Last Modified: 04 Jun 2021 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item