pengaruh lingkungan dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun ajaran 2020/ 2021

Sholihah, Anissa Kalimatu (2021) pengaruh lingkungan dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun ajaran 2020/ 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417027 anissa kalimatu sholihah tadris IPS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sholihah, Anissa Kalimatu. 2021. “Pengaruh Lingkungan dan Fasilitas Belajar TerhadapPrestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 SambitPonorogo Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu PengetahuanSosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.Pembimbing, Nastiti Mufidah,M.Pd..

Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Siswa, IPS Terpadu

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga sekolah yang berada jauh dari pusat kota. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 1 Sambit Ponorogo, sekolah ini memiliki banyak keunggulan diantaranya lingkungan sekolah yang jauh dari keramaian, fasilitas belajar yang cukup lengkap, pembiasaan beribadah, adanya ekstrakurikuler budaya. Tetapi terdapat beberapa bangunan dan fasilitas belajar yang rusak dan belum lengkap, seperti lapangan basket yang rusak, adanya MCK yang rusak, belum adanya LCD dan proyektor dalam setiap ruang kelas, dan jauhnya tempat foto copy disekitar lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mapel IPS kelas VIII di SMPN 1 Sambit Ponorogo. (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mapel IPS kelas VIII di SMPN 1 Sambit Ponorogo. (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara lingkungan dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mapel IPS kelas VIII di SMPN 1 Sambit Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Sambit Ponorogo yang berjumlah 69 siswa. Sampel yang digunakan teknik probability sampling yaitu teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi seluruh anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel dan populasinya kurang dari 100 responden . Metode pengumpulan data yaitu metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan berganda.
Adapun hasilnya adalah : (1) adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan prosentase sebesar 24,1%. (2) adanya pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan prosentase sebesar 15,9%. (3) adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa mapel IPS kelas VIII di SMPN 1 Sambit Ponorogo dengan prosentase sebesar 29,2%. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yang artinya lingkungan belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa mapel IPS (Y).

kata kunci : lingkungan belajar, fasilitas belajar, prestasi siswa, mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nastiti Mufidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:26
Last Modified: 04 Jun 2021 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15118

Actions (login required)

View Item View Item