Pelaksanaan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Kelas 1 Di MI Al-Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo

Muis, Siti Umi Rofiatun Rosita (2021) Pelaksanaan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Kelas 1 Di MI Al-Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_210617165_Siti Umi Rofiatun Rosita Muis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muis, Siti Umi Rofiatun Rosita. 2021. Pelaksanaan Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa kelas 1 (Studi Kasus di MI Al-Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Moh. Miftachul Choiri, M.A

Kata Kunci: Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an

Pada dasarnya kemampuan anak kelas 1 dalam menghafal al-qur’an berbeda-beda. Proses belajar menghafal secara online dan ofline terdapat kendala pada pendampingan orang tua di rumah. Maka dari itu, metode talaqqi oleh guru pendamping secara online dan ofline sangat urgent. Penelitiaan ini difokuskan pada pelaksanaan metode talaqqi dalam menghafal al-qur’an siswa kelas 1 di MI Al-Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo.
Penelitian tentang pelaksanaan metode talaqqi dalam menghafal al-qur’an siswa kelas 1 di MI Al-Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan metode talaqqi dalam menghafal al-qur’an siswa kelas 1, (2) Bagaimana kemampuan menghafal al-qur’an siswa kelas 1, (3) Bagaimana upaya mengatasi hambatan menghafal al-qur’an siswa kelas 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Adapun teknik dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Milles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan metode talaqqi dalam menghafal al-qur’an siswa kelas 1 pada surat-surat pendek juz 30 diawali guru membacakan terlebih dulu penggalan ayat yang akan dihafal, kemudian peserta didik menirukan, dan evaluasi dilakukan setiap minggu secara bergantian sampai peserta didik hafal dan benar makharijul hurufnya. (2) Peningkatan Kemampuan menghafal al-qur’an siswa kelas 1 terbagi dalam tiga bagian, diantaranya rendah, sedang, dan tinggi. Rendah yaitu makharijul huruf belum jelas. Sedang yaitu makharijul huruf jelas tetapi hafalan kurang lancar. Tinggi yaitu makharijul huruf jelas dan hafalannya lancar. (3) Hambatannya yaitu waktu orang tua terbatas dalam mendampingi anak. Sehingga upaya sebagai pendukung dalam mengatasi hambatan menghafal al-qur’an siswa kelas 1 yaitu daya ingat anak kuat, guru mendampingi belajar menghafal ofline secara langsung dan ketika belajar menghafal online guru memaksimalkan pendampingan dengan media WhatsApp.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:10
Last Modified: 04 Jun 2021 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15105

Actions (login required)

View Item View Item