..(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pasir Tras di Desa Nguneng Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri

Anwar, Ahmad Khoiri (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pasir Tras di Desa Nguneng Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210214297_Ahmad Khoiri Anwar_HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anwar, Ahmad Khoiri. 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pasir Tras Di Desa Nguneng Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, M.S.I.

Kata Kunci : Hukum Islam, Jual Beli, Jual beli salam, Pasir Tras.

Jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar barang dengan barang atau uang dengan barang. Jual beli dapat dikatakan sah atau tidaknya tergantung dari terpenuhinya rukun-rukun dan syarat akad. Di masyarakat sering kali terdapat jual beli yang dilakukan untuk memperoleh kemudahan tanpa mengetahui apakah jual beli yang dilakukan itu sudah sesuai dengan konsep hukum Islam atau bertentangan. Sebagaimana yang terjadi pada jual beli bahan tambang di Desa Nguneng Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Dimana supir truk dam selaku penjual mengoplos pasir yang dijualnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli pasir di Desa Nguneng Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri ? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap objek jual beli pasir tras di Desa Nguneng Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) pendekatan kualitatif . Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut dengan menggunakan teori tinjauan hukum Islam.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Praktik akad jual beli pasir tras di Desa Nguneng, Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri tidak bertentangan dengan hukum Islam. Transaksi yang dilakukan sudah sesuai dengan ijab dan qabul yang merupakan unsur yang harus ada dalam akad. Dan objek jual beli pasir tras di Desa Nguneng Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam. Karena salah satu syarat sahnya jual beli yang harus terpenuhi terkait objek jual beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:05
Last Modified: 04 Jun 2021 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item