PENERAPAN METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS I DI MIT ILHAMUL QUDUS KLEGO JENANGAN PONOROGO

Romadona, Maulida Nisfu (2021) PENERAPAN METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS I DI MIT ILHAMUL QUDUS KLEGO JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617142-Maulida Nisfu Romadona.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur‟an merupakan kitab suci yang diturunkan
kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat dan rahmat
bagi alam semesta. Al-Qur‟an diturunkan agar dibaca,
didengar dan diamalkan oleh manusia. Sebagai upaya
peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an di perlukan
metode pembelajaran Al-Qur‟an. Adapun permasalah siswa
kelas I di MIT Ilhamul Qudus yang belum maksimal dalam
makhorijul huruf yang benar sesuai dengan kaidah. Maka
MIT Ilhamul Qudus menggunakan Metode Usmani dalam
pembelajaran membaca Al-Qur‟an. Beberapa kelebihan dari
Metode Usmani diantaranya bertawasul kepada Nabi
Muhammad dan para guru-guru Al-Qur‟an terdahulu,
penekanan makhorijul huruf yang ketat. Serta sebelum
mengajar guru ditashih terlebih dahulu oleh ahli Al-Qur‟an.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan
penerapan Metode Usmani siswa kelas I di MIT Ilhamul
Qudus Klego Jenangan Ponorogo, (2) Mendeskripsikan
peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an di MIT Ilhamul
Qudus Kelego Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis
dengan menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan
Metode Usmani kelas I di MIT Ilhamul Qudus diawali oleh
guru dengan memberikan contoh pengucapan makhorijul
huruf pada huruf hijaiyah dengan jelas dan lantang kemudian
peserta didik menirukan. Hal tersebut dilakukan sampai
peserta didik benar sesuai dengan kaidah makhorijul huruf
yang diucapkan. (2) Peningkatan kemampuan membaca Al-
Qur‟an Siswa kelas I di MIT Ilhamul Qudus terdapat 3
tingkatan yaitu rendah, sedang dan tinggi. Rendah yaitu
peserta didik dalam membedakan huruf hijaiyah masih sulit
dan pelafalan makhorijul huruf belum sesuai dengan kaidah,
tingkatan sedang artinya peserta didik cukup mampu dalam
membedakan huruf hijaiyah dan pelafalan makhorijul huruf
tetapi belum maksimal dan tingkatan tinggi artinya peserta
didik mampu membedakan huruf hijaiyah dan melafalkan
makhorijul huruf sesuai dengan kaidah yang baik dan benar.
Hal tersebut dapat diketahui ketika kenaikan jilid yang
tergolong tinggi dari 20 peserta didik terdapat 10 peserta didik
yang mendapatkan nilai 90-100, tingkat sedang terdapat 6
peserta didik dengan nilai 75-90 dan 4 peserta didik tergolong
rendah dengan nilai 60-70. Sehingga untuk mengatasi peserta
didik yang masih tergolong rendah maka diakhir pembelajaran
Metode Usmani guru memberikan privat agar peserta didik
dapat mengulang materi yang belum dipahami dengan
maksimal.
Kata kunci: Penerapan, Metode Usmani, Kemampuan Membaca Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:00
Last Modified: 04 Jun 2021 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15097

Actions (login required)

View Item View Item