..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Revisi Dan Peningkatan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 2 Ponorogo

Widyandini, Mayang Wahyu (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Revisi Dan Peningkatan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-theses SKRIPSI 210316259 MAYANG WAHYU WIDYANDINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Widyandini, Mayang Wahyu. 2021. Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Revisi dan Peningkatan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik, Higher Order Thinking Skills, Prestasi Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, kurikulum 2013 yang dirancang untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan di masa depan. Hal ini harus diperhitungkan dalam pengembangan kurikulum. Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan ilmiah. Oleh karena itu, pembelajaran yag dilakukan, diharapkan mampu melatih siswa untuk berpikir ke level yang lebih tinggi. Sedangkan kesadaran untuk menerapkan pendekatan sains atau scientific pada semua mata pelajaran termasuk pada pelajaran PAI pada kenyataannya masih belum maksimal. Pemberlakuan pendekatan ini diharapkan dapat mendorong kualitas pembelajaran, sehingga menghasilkan prestasi peserta didik yang tidak hanya sekadar menghapal dan mengulang kembali materi, melainkan memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Melalui penguasaan keterampilan berpikir tingkat tinggi, tujuan akhir dari proses pembelajaran akan berujung dengan prestasi belajar yang diraih oleh peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perencanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 revisi dan peningkatan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 2) Mengetahui pelaksanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 revisi dan peningkatan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 3) Mengetahui evaluasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 revisi dan peningkatan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan peneliti sebagai instrumen. Subjek penelitiannya adalah waka kurikulum, guru PAI dan Budi Pekeri, dan sebagian peserta didik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Perencanaan pendekatan saintifik dan HOTS di SMA Negeri 2 Ponorogo telah melakukan manajemen operasional baik dari segi fungsional maupun material. Sekolah telah mengembangkan beberapa aspek yaitu tujuan adanya program, personalia, anggaran, waktu, serta evaluasi, dan alternatif yang tepat untuk menangani kendala pada pelaksanaan program. 2) Pelaksanaan pendekatan saintifik dan HOTS sudah dijalankan dengan baik. Pendidik telah menerapkan pendekatan saintifik dengan langkah 5M Dalam penerapan pembelajaran pendidik menyampaikan materi dengan runtut mulai dari tahapan LOTS hingga tahapan HOTS.
3) Evaluasi proses mampu menjadikan siswa tidak hanya berpikir sampai tahapan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural saja melainkan pada tahap pengetahuan metakognitif. Evaluasi hasil akhir pendeketan saintifik dan HOTS dinilai efektif diterapkan di SMA Negeri 2 Ponorogo berhasil meningkatkan pengetahuan kognitif siswa sehingga penilaian hasil belajar siswa juga meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 01:56
Last Modified: 04 Jun 2021 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15091

Actions (login required)

View Item View Item