..(LENGKAPI ABSTRAK, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Internalisasi Nilai-nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Nurhuda, Ahmad (2021) ..(LENGKAPI ABSTRAK, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Internalisasi Nilai-nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317237 AHMADNURHUDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NURHUDA, AHMAD. 2021. Internalisasi Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak Tahun Pelajaran 2020/2021, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag..
KATA KUNCI: Penanaman, Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran PAI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan adanya tindakan atau perilaku yang tidak sesuai dengan tujuan mulia pendidikan, yang sama sekali tidak mencerminkan sebagai remaja yang terdidik. Misalnya, tawuran antar pelajar, kebut kebutan ketika mengendarai motor atau melakukan tindak asusila. Dengan melihat hal tersebut tentu saja membuat miris dan prihatin bagi kita semua. Oleh karena itu, upaya perbaikan harus segera dilakukan. Salah satu upayanya adalah melalui pendidikan karakter.
Berawal dari penjelasan di atas, maka tujuan diadakannya penelitian adalah, sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan proses implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak 2) Untuk memaparkan faktor pendukung dan faktor penghambat pada proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak.
Untuk menjawab permasalahan di atas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisa penelitian ini, ditemukan bahwa: (1) implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan sesuai dengan jadwal kelas masing masing melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian. Dengan menggunakan beberapa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 01:54
Last Modified: 04 Jun 2021 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

View Item View Item