Implementasi Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Siswa Kelas VIII Di MTs Ma'Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo

Mallayshiya, Elliya (2021) Implementasi Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Siswa Kelas VIII Di MTs Ma'Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317412_ELLIYA MALLAYSHIYA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mallayshiya, Elliya. 2021. Implementasi Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Resitasi, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs
Diketahui bahwa hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa sulit memahami materi yang disampaikan guru dan lemahnya metode yang digunakan guru selama pembelajaran. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal sering disampaikan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa sering merasa bosan dan sulit memahami materi. Oleh karena itu, peneliti tergerak untuk meneliti hasil belajar, faktor yang mempengaruhi hasil belajar, dan bagaimana meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo melalui penerapan metode resitasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo, dan untuk mengetahui dampak penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi (reflecting). Dalam pelaksanaan PTK ini, untuk tahap pelaksanaan dan pengamatan dilakukan secara bersamaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo yang berjumlah 22 siswa dan terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis penelitian yang digunakan adalah analisis data hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo.
Berdasarkan analisis terhadap hasil belajar dan observasi diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo masih rendah karena beberapa faktor, yaitu: 1) metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, 2) terbatasnya sumber belajar yang digunakan, 3) siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan diterapkannya metode resitasi terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits memberikan dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa, yaitu meningkatnya hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Hal tersebut dibuktikan dari hasil belajar siklus I yang mencapai persentase ketuntasan 63, 64 % untuk aspek pengetahuan dan 54, 55 % untuk aspek keterampilan, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu mencapai persentase ketuntasan 100 % untuk aspek pengetahuan dan 90, 91 % untuk aspek keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 01:46
Last Modified: 04 Jun 2021 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15081

Actions (login required)

View Item View Item