PERAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN DAYA SAING MADRASAH (STUDI KASUS PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA MADIUN)

Zajuli, Farid (2021) PERAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN DAYA SAING MADRASAH (STUDI KASUS PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA MADIUN). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
212217058_FARID ZAJULI_MPI.PASCA..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zajuli, Farid. Peran Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Daya Saing Madrasah (Studi Kasus Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Madiun. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.

Kata Kunci: Manajerial, Kepala Sekolah, Daya Saing, MIN 1 Kota Madiun.

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Madiun dianggap oleh masyarakat di lingkungan Kota Madiun dan sekitarnya memiliki reputasi yang baik. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah calon siswa yang mendaftar di madrasah ini dari tahun ke tahun dan besarnya calon siswa yang masih belum lolos untuk diterima. Kondisi ini berbeda dengan kondisi sekolah lain di sekitar MIN 1 Kota Madiun yang sulit untuk memenuhi kuota siswa yang tersedia. Keberhasilan MIN 1 Kota Madiun dalam menjaga daya saingnya tentu tidak dapat dilepaskan dari peran kepala madrasah.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) menganalisis peran kompetensi manajerial kepala madrasah dalam mengembangkan daya saing Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Madiun; 2) menjelaskan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan daya saing Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Madiun; 3) menganalisis daya saing Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data penelitian melalui observasi partisipasori dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kepala MIN 1 Kota Madiun, dalam menjalankan peran kompetensi manajerialnya berupaya melakukan beberapa hal yang secara garis besar mengacu pada prinsip dan karakteristik kompetensi manajerial yang baik, mulai dari perancanaan sampai kepada pengawasan. (2) Dalam mengembangkan daya saing madrasah Kepala Min 1 Kota Madiun, menempuh beberapa upaya atau strategi yang berorientasi kepada; a. Kepuasan pelanggan dan Obsesi terhadap kualitas, b. Perbaikan secara berkelanjutan, dengan mengadakan inovasi dan pengembangan dalam program pembelajaran tiap tahunnya hal itu terlihat dari peningkatan SDM tenaga pendidik dan kependidikan, c. Kerja sama tim, dengan membangun kultur yang lebih baik terutama dalam peningkatan budaya kerja d. Diklat dan pengembangan, e. Kesatuan tujuan, f. Keterlibatan karyawan secara optimal dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan, terlihat dari komunikasi yang teratur dengan kalangan organisasi sendiri maupun pihak luar. Hal tersebut menunjukkan karakteristik maupun unsur-unsur TQM sudah dijalankan di madrasah tersebut sebagai strategi pengembangan daya saing. (3) MIN 1 Kota madiun memiliki beberapa kriteria yang bisa dijadikan acuan sebagai lembaga pendidikan dengan keunggulan daya saing seperti; memiliki nilai, langka, sulit diimitasi dan susah tergantikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 01:39
Last Modified: 04 Jun 2021 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15077

Actions (login required)

View Item View Item