Tinjauan Istihsan Terhadap Jual Beli Bibit Ayam Petelur (Pullet) di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan

Khotimah, Husnul (2021) Tinjauan Istihsan Terhadap Jual Beli Bibit Ayam Petelur (Pullet) di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210215090_Husnul Khotimah_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khotimah, Husnul, 2021. Tinjauan Istih}san Terhadap Jual Beli Bibit Ayam Petelur (Pullet) di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag.
Kata Kunci: Istih{san, Mukha<dlarah
Setelah wafatnya Rasulullah SAW, permasalahan yang menyangkut agama terus bermunculan. Terlebih permasalahan fiqh yang tidak hanya permasalahan klasik, tetapi permasalahan baru pun muncul. Salah satunya adalah kasus jual beli yang dilakukan oleh masyarakat Desa Trosono dalam transaksi jual beli bibit ayam petelur (pullet) yang berumur 0 hari. Dalam hukum Islam, jual beli ini serupa dengan mukha<dlarah. Mukha<dlarah adalah transaksi jual beli atas objek (barang yang dipejualbelikan), yaitu bibit ayam petelur (pullet) antara penjual dan pembeli, dimana kedua belah pihak melakukan transaksi jual beli bibit ayam petelur (pullet) yang berumur 0 hari atau belum layak, sebab belum bisa diambil manfaatnya. Jual beli mukha<dlarah sah apabila memenuhi syarat dalam jual beli tersebut. Salah satu syarat jual beli mukha<dlarah adalah tentang akad jual beli dan objek.
Dari latar belakang di atas penulis merumuskan dua masalah yang meliputi bagaimana tinjauan Istih{san terhadap akad jual beli bibit yam petelur (pullet) di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan dan bagaimana tinjauan Istih{san terhadap penetapan harga pada jual beli bibit yam petelur (pullet) di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan.
Adapun penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan metode induktif,, yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan kenyataan-kenyataan yang bersifat khusus dari hasil penelitian kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat umum, dan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jual beli mukha<dlarah terkait objek (barang yang diperjualbelikan) dalam transaksi jual beli bibit ayam petelur (pullet) yang dilakukan oleh kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli, ditinjau dari Istih{san, akad jual beli tersebut boleh dilakukan karena bertujuan unttuk mempermudah atas dasar kesepakatan kedua belah pihak, sehingga ini merupakan istih{san dengan nash. Penetapan harga yang dilakukan kedua belah pihak dengan adanya syarat yaitu sah ditinjau dari Istih{san, karena adanya kesepakatan kedua belah pihak juga untuk menghilangkan kesulitan dan mengutamakan kemaslahatan (istih{san bi al-maslah{ah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 08:17
Last Modified: 03 Jun 2021 08:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15064

Actions (login required)

View Item View Item