tinjauan etika bisnis islam terhadap cloning account serbu seru bukalapak

Mohammad, Latief Zain (2021) tinjauan etika bisnis islam terhadap cloning account serbu seru bukalapak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi upload perpus 3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Zain, Mohammad Latief. 2021. Analisis Etika Bisnis Islam terhadap Cloning Account Serbu Seru Bukalapak. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, cloning account.
Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh praktik cloning account yang ada pada progam serbu seru Bukalapak. Dalam praktik cloning account tersebut, pengguna membuat atau menggunakan lebih dari satu akun untuk mengikuti progam dengan tujuan memperbesar peluang untuk menjadi penyerbu terpilih, hal ini berdampak dirasa merugikan untuk pengguna lain yakni pengguna satu akun dimana akan memperkecil peluang menjadi penyerbu terpilih. kemudian hingga pembatalan pengiriman barang oleh tim Bukalapak karena alasan kesamaan data atau indikasi kecurangan antara pengguna satu akun dengan pengguna cloning account karena, data yang digunakan oleh pengguna cloning account bukan hanya miliknya pribadi melainkan milik orang lain yang mana akan terdapat kesamaan data seperti alamat penduduk didesa untuk selanjutnya, dilakukan pemilihan ulang penyerbu terpilih oleh tim Bukalapak.
Dari latar belakang diatas, peneliti menggunakan rumusan masalah (1). Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap cloning account serbu seru pada aplikasi Bukalapak? (2). Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap dampak cloning account serbu seru pada aplikasi Bukalapak?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan pengolahan data yang meliputi editing, organizing, dan penemuan hasil riset. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa, cloning account serbu seru Bukalapak kurang sesuai dengan beberapa nilai etika bisnis Islam seperti nilai S}iddiq yang mana di sini berarti mampu melaksanakan taransaksi dengan jujur dengan melandaskan tindakan dan ucapan sesuai dengan ajaran Islam. Juga dengan nilai Ama>nah di sini berarti mampu dapat dipercaya dalam melakukan transaksi. Dan untuk Dampak yang ditimbulkan oleh pengguna cloning account jika ditinjau dengan Etika Bisnis Islam kurang sesuai dengan nilai keadilan yang mana di dalamnya ada konsep tidak terdapatnya ghara>r, ghara>r dalam pengertian ada kezaliman terhadap pelaku ekonomi lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:45
Last Modified: 03 Jun 2021 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15062

Actions (login required)

View Item View Item