Pengajian Kitab Tanbih Al-Ghafilin Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat (Studi Kasus di Masjid Baitus Sholihin Ngunut Babadan Ponorogo)

Kurniawan, Risqi Imron (2021) Pengajian Kitab Tanbih Al-Ghafilin Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat (Studi Kasus di Masjid Baitus Sholihin Ngunut Babadan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SIAP PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurniawan, Risqi Imron. 2021. Upaya Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat Melalui Pengajian Kitab Tanbih al-Ghafilin (Studi Kasus Di Masjid Baitus Sholihin Ngunut Babadan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci : Kesadaran Beragama, Masyarakat, Pengajian, Tanbih al-Ghafilin.
Perkembangan zaman yang modern dan millenial ini, manusia benar-benar dihadapkan dengan berbagai macam ujian dan godaan dunia yang berat seperti materialistis, hedonisme dan sejenisnya. Sehingga penting adanya usaha untuk membentengi masyarakat dari ujian dan godaan dunia antara usaha yang dapat dilakukan untuk terwujudnya meningkatnya kesadaran beragama adalah dengan mengadakan pengajian yang lebih memfokuskan pembahasannya pada nilai-nilai agama Islam. Dalam hal ini kitab Tanbi<h al-Gha<fili<n yang menjadi pilihan untuk dikaji bersama.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang dilaksanakannya pengajian kitab Tanbih al-Ghafilin di Masjid Baitus Sholihin Ngunut Babadan Ponorogo, (2) pelaksanaan pengajian kitab Tanbih al-Ghafilin di Masjid Baitus Sholihin Ngunut Babadan Ponorogo, (3) dampak pengajian kitab Tanbih al-Ghafilin terhadap kesadaran beragama masyarakat di Masjid Baitus Sholihin Ngunut Babadan Ponorogo,
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Latar belakang dilaksakannya pengajian kitab Tanbih al-Ghafilin di Masjid Baitus Sholihin yaitu sebagai ikhtiyar terwujudnya hamba yang baik di sisi Allah dan bermanfaat terhadap kemaslahatan manusia; (2) Pelaksanaan Pengajian kitab Tanbih al-Ghafilin merupakan salah satu wadah atau tempat masyarakat untuk mengkaji dan mempelajari ilmu agama Islam. Sehingga, dapat meningkatkan kesadaran beragama masyarakat. Pengajian kitab Tanbih al-Ghafilin ini dilaksanakan menggunakan metode bandongan; (3) Pengajian kitab Tanbih al-Ghafilin memiliki dampak terhadap kesadaran beragama masyarakat, yaitu Pertama, aspek pengalaman spiritual yaitu beberapa jamaah yang awalnya suka mengeluh terhadap rezeki sekarang menjadi lebih bersyukur menerima apa yang didapat. Kedua, mempererat hubungan sosial antar jamaah hal ini dibuktikan dengan tumbuhnya empati di antara jamaah satu dengan lainnya, dalam berbagai hal.. Ketiga meningkatnya pengetahuan dan pengamalan ajaran Islam hal ini dibuktikan dengan bertambahnya pengetahuan dan pengamalan ajaran Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:46
Last Modified: 03 Jun 2021 07:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15061

Actions (login required)

View Item View Item