Buku Siswa Senang Belajar Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 (Perspektif Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget )

Safitri, Nur Aulia (2021) Buku Siswa Senang Belajar Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 (Perspektif Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOUD NUR AULIA SAFITRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Safitri, Nur Aulia. 2021. Buku Siswa Senang Belajar Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 (Prespektif Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hestu Wilujeng, M.Pd.

Kata kunci : Buku Siswa Matematika SD/MI, Perkembangan kognitif Jean Piaget

Buku masih eksis digunakan dalam dunia pendidikan sebagai sumber belajar. Namun penggunaan buku dalam proses belajar mengajar kurang membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Siswa merasa kesulitan, bosan dan tidak tertarik dalam belajar buku matematika. Salah satu penyebabnya dikarenakan buku yang digunakan kurang sesuai dengan perkembangan kognitif anak. Ditinjau dari toeri Jean Piaget bahwa pada jenjang kelas IV SD/MI anak berada pada tahap operasional konkrit dimana aktivitas anak terfokus pada objek-objek yang konkret atau nyata terhadap apa yang dilihat disekitar anak. Dengan penggunaan buku yang baik dan kesesuaian materi yang sesuai dengan perkembangan anak, maka siswa akan memahami materi secara mudah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan kesesuaian penyajian materi, bahasa, dan latihan soal pada buku siswa Senang Belajar Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 dalam perspektif teori perkembangan kognitif Jean Piaget.
Penelitian ini berupa analisis buku “Senang Belajar Matematika” kelas IV kurikulum 2013 untuk SD/MI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian penyajian materi, bahasa dan bentuk latihan soal yang ditinjau dari perkembangan kognitif anak berdasarkan teori Piaget.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian lebih menekankan pada pengumpulan data berupa deskriptif kualitatif bukan berupa angka. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah literer yakni dengan menggali bahan pustaka yang relevan dengan objek penelitian. Serta teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi atau content analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari perkembangan kognitif siswa kelas IV SD/MI maka terdapat beberapa bab yang belum sesuai dengan perkembangan kognitif. Dari aspek penyajian materi ada lima bab yang sesuai dan satu bab Aproksima yang tidak sesuai dengan perkembangan kognitif anak kelas IV. Dari aspek bahasa, penggunaan bahasa pada buku sudah baik namun terdapat beberapa apek yang kurang sesuai dengan perkembangan anak usia 10 tahun pada bab pengukuran sudut, sedangkan lima bab lainnya sudah sesuai. Dan untuk aspek bentuk latihan soal pada bab pecahan, bangun datar dan pengukuran sudut terdapat soal yang sulit dan tidak sesuai dengan perkembangan kognitif anak kelas IV. Sedangkan latihan soal pada bab lainnya, sudah sesuai dengan perkembangan kogitif anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:12
Last Modified: 03 Jun 2021 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15050

Actions (login required)

View Item View Item