Korelasi Kebijakan Kepala Sekolah dengan Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Mudlofir, Anis Ali (2021) Korelasi Kebijakan Kepala Sekolah dengan Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316339_ANIS ALI MUDLOFIR_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mudlofir, Anis Ali. 2021. Korelasi Kebijakan Kepala Sekolah dengan Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata Kunci: Kebijakan Kepala Sekolah, Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Siswa
Disiplin pada hakekatnya adalah suatu ketaatan yang sungguh-sungguh dengan didukung oleh kesadaran untuk menunaikan tugas kewajiban serta perilaku sebagaimana mestinya menurut aturan-aturan atau tata kelakuan yang seharusnya berlaku di dalam suatu lingkaran tertentu. Prestasi belajar peserta didik sering terjadi penurunan dan kenaikan. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya beberapa pengaruh. Menurut Dalyono, terdapat dua faktor yang bisa mempengaruhi prestasi belajar yaitu, 1) Faktor internal (kesehatan, minat, motivasi, cara belajar, intelegensi dan bakat), 2) Faktor eksternal (keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan sekitar). Apabila kedisiplinan siswa dapat terbina dengan baik, maka akan tercipta lingkungan belajar yang kondusif. Dengan kondisi lingkungan belajar yang kondusif proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sehingga diharapkan mampu untuk memberikan efek peningkatan pada prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) korelasi kebijakan kepala sekolah dengan kedisiplinan siswa, (2) korelasi kebijakan kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa, (3) ada atau tidaknya korelasi kebijakan kepala sekolah dengan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi ganda (Multiple Correlation). Responden dalam penelitian ini adalah siswa/I SMK kelas XI Pondok Pesantren Al-Islam Joresan yang berjumlah 95 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Adanya korelasi yang yang signifikan antara kebijakan kepala sekolah dengan kedisiplinan siswa kelas XI SMK Al-Islam Joresan dimana diperoleh nilai rhitung (0,298) > rtabel (0,202), sehingga H0 ditolak dan nilai koefisien tersebut termasuk kategori rendah, (2) Adanya korelasi yang signifikan antara kebijakan kepala sekolah dengan kedisiplinan siswa kelas XI SMK Al-Islam Joresan dimana diperoleh nilai rhitung (0,353) > rtabel (0,202), sehingga H0 ditolak dan nilai koefisien tersebut termasuk kategori rendah, (3) Adanya korelasi yang signifikan antara kebijakan kepala sekolah dengan kedisiplinan siswa dan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Al-Islam Joresan dimana diperoleh nilai Fhitung (9,553) > Ftabel (3,95), sehingga H0 ditolak dan nilai koefisien tersebut termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 06:54
Last Modified: 03 Jun 2021 06:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item View Item