Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Ternak Ayam di Desa Selotinatah Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan

Habibi, Muhammad Wildan (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Ternak Ayam di Desa Selotinatah Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD WILDAN HABIBI-210216020-HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Habibi, Muhammad Wildan, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Ternak Ayam Di Desa Selotinatah Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut AgamaIslam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Dr. Hj. Rohmah Maulidia,M.Ag.
Kata kunci/keyword: Tinjauan Hukum Islam, Kerjasama
Penelitian ini membahas usaha peternakan ayam pedaging (broiler) di Desa Selotinatah dilakukan oleh kedua belah pihak yang berakad, berdasar perjanjian bersama menjalankan suatu usaha peternakan ayam. Kerjasama ini didasari oleh akad syirkah mudha<rabah yaitu pihak pemodal menyerahkan modalnya kepada seorang pengelola untuk dikelola dan berkembang menjadi usaha yang menghasilkan keuntungan. Dalam praktiknya, di peternakan pihak pemodal yang seharusnya menanggung penuh semua modal dalam peternakan, namun dalam beberapa kasus atau kelalaiannya membuat pihak pengelola juga mengeluarkan modal dalam perawatan ayam peternak tersebut, dan dalam bagi hasilnya juga tidak jelas nisbah nya, karena keuntungan untuk pengelola adalah selisih harga kontrak dengan harga pasar sehingga keuntungan bergantung pada harga pasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana tinjauan hukum islam terhadap akad kerjasama pengelolaan ternak ayam di desa selotinatah kecamatan ngariboyo kabupaten magetan? (2) bagaimana tinjauan hukum islam terhadap bagi hasil kerjasama pengelolaan ternak ayam di desa selotinatah kecamatan ngariboyo kabupaten magetan?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan (berupa data lapangan), yang kemudian data tersebut dianalisis, dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti berdasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya (1) praktik kerjasama peternakan ayam di desa selotinatah dengan sistem syirkah mudha<rabah belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan hukum Islam, yang mana dalam akadnya terjadi kesepakatan bahwa semua modal awal ditanggung oleh pemodal namun nyatanya pihak pengelola terkadang juga mengeluarkan modal, sehingga hal tersebut menyalahi aturan yang ada dalam akad syirkah mudha<rabah. (2) berdasarkan bagi hasil yang ditentukan dalam perjanjian awal adalah persentase harga kontrak, namun jika harga pasar sedang turun maka bukan persentase yang didapat pengelola tapi pembagian rata ayam antara pemilik dan pengelola, sehingga kadangkala pengelola merasa kecewa dengan model pembagian hasil tersebut tapi jika hasil panen ayam itu dipasarkan maka hasil keuntungan yang didapat pengelola persentasenya sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 06:51
Last Modified: 03 Jun 2021 06:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15036

Actions (login required)

View Item View Item