tinjauan hukum islam terhadap kawin hamil (studi kasus di kecamatan kartoharjo kota madiun)

umayyah, nurul (2021) tinjauan hukum islam terhadap kawin hamil (studi kasus di kecamatan kartoharjo kota madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Umayyah, Nurul. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kawin Hamil Di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Rif’ah Roihanah, S.H., M.Kn
Kata kunci :Pernikahan, Kawin Hamil, Nasab
Kawin hamil merupakan, perkawinan yang dilakukan ketika wanita telah hamil terlebih dahulu sebelum adanya akad nikah. Di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun terdapat kasus kawin hamil dimana sang perempuan telah hamil di luar pernikahan yang sah, dan yang lebih menarik tidak semua perempuan hamil di Kecamatan Kartoharjo dinikahi oleh laki-laki yang menghamili namun ada juga yang dinikahi oleh laki-laki yang tidak menghamili, bermula dari kasus kawin hamil mengakibatkan muncul kasus lain salah satunya adalah kedudukan nasab anak yang lahir di luar pernikahan yang sah. Dalam Kompilasi Hukum Islam tidak menjelaskan mengenai batasan usia kehamilan wanita hamil yang akan melangsungkan pernikahan, berbeda dengan ulama fikih yang memberi batasan mengenai usia kandungan wanita hamil yang akan melangsungkan akad nikah, hal itu dilakukan untuk menjaga keabsahan nasab sang anak.
Dari latar belakang diatas penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini yang meliputi: (1) bagaimana status perkawinan wanita hamil di luar pernikahan yang sah di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun? (2) bagaimana status nasab seorang anak yang lahir diluar pernikahan yang sah di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara, dan dengan pendekatan empiric. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang menekankan pada anaslisis proses, kemudian menyimpulkan secara induktif yang diperoleh dari peneliti data di lapangan.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa status perkawinan wanita hamil di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, ditinjau dari KHI pasal 53 maka status perkawinan keduanya tetap sah dan tidak perlu melakukan pernikahan ulang ketika perempuan telah melahirkan, mengenai status nasab sang anak sesuai dengan KHI pasal 99 tetap sah karna ia dilahirkan dalam perkawinan yang sah. Sedangkan ulama fikih berpendapat wanita hamil sama dengan dalam keadaan iddah sehingga ketika ia ingin melangsungkan pernikahan menunggu setelah melahirkan (setelah habis masa iddah), namun ada juga yang berpendapat jika boleh melangsungkan pernikahan ketika usia kandungan wanita hamil di bawah 6 bulan, jika status perkawinan kedua orang tersebut dinyatakan sah dalam agama maka selanjutnya dalah memperhatikan usia kandungan wanita untuk menentukan keabsahan nasab sang anak, hal ini disebabkan karena tujuan mendasar dari disyariatkanya ajaran hukum Islam adalah untuk memelihara dan menjaga keturunan atau nasab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: rif'ah roihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 06:49
Last Modified: 03 Jun 2021 06:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15034

Actions (login required)

View Item View Item