Konsep Uluhiyyah dan Rububiyyah dalam Al-Qur'an (Telaah Pemikiran Muhammad Shahrur)

fahmi, Shohibul (2021) Konsep Uluhiyyah dan Rububiyyah dalam Al-Qur'an (Telaah Pemikiran Muhammad Shahrur). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi fahmi-2.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fahmi, Shohibul .2021.Konsep Ulu>hiyyah dan Rubu>biyyah dalam al-Qur’a>an (Telaah Pemikiran Muhammad Shahru>r), Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.Iswahyudi, M.Ag.

Kata Kunci: Ulu>hiyyah, Rubu>biyyah,
Muhammad Shahru>r adalah seorang tokoh pemikir Islam Kontemporer yang mencoba menawarkan metodologi penafsiran al-Qur’>an yang lebih aplikatif, dan signifikan dengan perkembangan zaman. Berangkat dari semangat beliau yang ingin menjadikan al-Qur’a>n sebagai landasan moral-teologis bagi umat manusia dalam mengembangkan amanah Tuhan, dan membuktikan bahwa al-Qur’a>n selalu relevan untuk setiap zaman dan tempat (sha>lih li kulli zama>n wa maka>n), Salah satu upaya yang dilakukannya adalah dengan mendialogkan teks al-Qur’a>n yang statis dan terbatas dengan konteks perkembangan zaman yang dinamis dan tak terbatas. Kemudian beliau juga menganggap bahwa memperhatikan perkembangan sejarah untuk memaknai teks suci adalah sangat penting karena teks itu memiliki konteks sosio-historis yang melingkupinya sehingga teks al-Qur’a>n perlu ditafsirkan seiring dengan tantangan dan problem zaman.
Fokus yang dikaji dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana hasil penafsiran Muhammad Shahrur tentang konsep ulu>hiyyah dan rubu>biyyah dalam al-Qur’a>n ? 2) Bagaimana metodologi Muhammad Shahru>r dalam konsep ulu>hiyyah dan rubu>biyyah dalam al-Qur’a>n ?
Penulisan ini bersifat Penelitian Kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif analitis sesuai dengan tujuan tersebut, data primer yang digunakan berasal dari karya-karya Muhammad Shahru>r dan data sekunder berasal dari buku-buku maupun penelitian yang ditulis orang lain terkait pemikiran Muhammad Shahru>r, serta data-data pendukung yang relevan dengan penelitian ini. Sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan pendekatan ilmu tafsir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep ulu>hiyyah dan rubu>biyyah dalam al-Qur’a>n menurut Shahru>r tidak mempunyai kesamaan makna. Dalam konsep Rubiyyah, Shahrur mempercayai bahwa Allah adalah Tuhan bagi seluruh makhluk-Nya, baik yang beriman maupun yang kafir, yang merupakan realitas objektif diluar kesadaran makhluk-Nya. Relasi paten antara Allah dan makhluk-Nya berupa penguasaan, pengaturan, dan pemilikan. Sedangkan ketaatan manusia (berakal) terhadap perintah Allah ini berada pada wilayah ulu>hiyyah, yang mengakui Allah sebagai sesembahannya yang wajib disembah. Shahru>r menyebutkan bahwa konsep ulu>hiyyah adalah hubungan ketaatan yang bersifat pilihan dari makhluk-Nya yang berakal. Kemudian dalam menafsirkan ayat ulu>hiyyah dan rubu>biyyah, Syahrur menggunakan metode linguistic yang mengacu pada teori sinkronik dan diakronik milik Ibnu Jinni dan Al-Jurjani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:02
Last Modified: 03 Jun 2021 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

View Item View Item