Aktualisasi Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut QS. al-Luqman Ayat 12-19 di RT 01 RW 05 Krajan Selur Ngrayun Ponorogo

Chotimah,, Rohmah Kusnul (2021) Aktualisasi Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut QS. al-Luqman Ayat 12-19 di RT 01 RW 05 Krajan Selur Ngrayun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317116_ROHMAH KUSNUL CHOTIMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kusnul Chotimah, Rohmah. 2021. Aktualisasi Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut QS. al-Luqman Ayat 12-19 Di RT 01 RW 05 Krajan Selur Ngrayun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudhi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Anak, Keluarga, QS. al-Luqman
Pendidikan ini dilatar belakangi dengan fenomena maraknya perilaku negatif yang dilakukan oleh anak-anak yang notabennya adalah generasi penerus bangsa, yang mana mereka tidak kurang dari segi intelektualnya, tetapi kurang dari segi akhlak dan religiusnya. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena kurang kokohnya penanaman pendidikan anak dalam keluarga. Karena keluarga adalah lingkungan pendidikan pertama yang ditemui oleh anak. Jadi keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan moral anak. Dalam al-Qur’an banyak disebutkan teladan-teladan yang bisa dijadikan acuan orang tua dalam mendidik anaknya, salah satunya dalam al-Qur’an surat al-Lukman ayat 12-19. Di RT 01 RW 05 Krajan Desa Selur, orang tua mendidik anaknya dengan acuan QS. al-Luqman ayat 12-19 dengan harapan agar anaknya menjadi orang yang berakidah kokoh, taat beribadah, dan berakhlak yang baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan cara mendidik anak menurut QS. al-Luqman ayat 12-19, 2) Untuk mengetahui implementasi pendidikan anak dalam keluarga menurut QS. al-Luqman ayat 12-19 di RT 01 RW 05 Krajan, Selur, Ngrayun, Ponorogo, 3) Untuk Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan anak dalam keluarga di RT 01 RW 05 Krajan, Selur, Ngrayun, Ponorogo.
Adapun teknik penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian menjelaskannya dalam bentuk kata-kata dan dipaparkan dalam bentuk laporan analisis.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Cara mendidik anak menurut QS. al-Luqman ayat 12-19 ada lima hal yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya, yaitu: tentang akidah atau tauhid, tentang akhlak terutama berbuat baik kepada orang tua, tentang amar ma’ruf nahi mungkar, tentang kewajiban shalat lima waktu, tentang larangan sombong dan perintah untuk bersyukur dan bersabar, serta ajaran tentang setiap perbuatan pasti ada balasannya, 2) Implementasi pendidikan anak dalam keluarga di RT 01 RW 05 Krajan, Selur, Ngrayun, Ponorogo adalah: orang tua mendidik anaknya dengan cara menasihati seperti yang dilakukan Luqman kepada Anaknya. Orang tua mengajarkan, lalu mencontohkan, dan mengingatkan shalat kepada anaknya, orang tua juga mendidik anaknya adab dan tata krama kepada orang tua dan kepada siapapun, lalu orang tua juga menasihati anaknya untuk selalu neriman atau menerima apa adanya, impkementasi dari pendidikan syukur, 3) Faktor pendukung terlaksananya pendidikan anak dalam keluarga di RT 01 RW 05 Krajan Selur Ngrayun Ponorogo adalah faktor semangat anak yang tinggi untuk selalu belajar hal baru dengan orang tuanya, faktor ekonomi yang mendukung untuk membelikan semua fasilitas belajar anak, dan banyaknya buku dan sumber tontonan yang dilihat orang tua yang bisa dijadikan referensi orang tua untuk mendidik anak. Sedang kan faktor penghambatnya adalah: Semangat anak yang rendah pada fase tertentu, keberadaan handphone dan televisi yang kadang mengganggu waktu produktif anak, pengaruh teman sepermainan, dan kurangnya pengetahuan orang tua dalam mendidik anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudhi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:06
Last Modified: 03 Jun 2021 07:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15025

Actions (login required)

View Item View Item