Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan Tahun Pelajaran: 2020/2021

Afitayana, Ririn (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan Tahun Pelajaran: 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317025 RIRIN AFITAYANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sistem pembelajaran yang digunakan di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan media dan metode belajar secara online dalam mengkaji agama islam dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Sistem pendidikan jarak jauh ini merupakan suatu alternatif perataan kesempatan dalam bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini. Kendala yang muncul dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI ini antara lain, keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh guru dan siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kehadiran siswa yang sulit terkontrol karena faktor dalam diri siswa dan kontrol orang tua yang kurang optimal, dan lain sebagainya.
Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui perbedaan persepsi efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan tahun pelajaran 2020/2021. Kedua, untuk mengetahui perbedaan persepsi efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang signifikan antara siswa yang berasal dari MIPA dan IPS di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan tahun pelajaran 2020/2021. Ketiga, untuk mengetahui perbedaan persepsi efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang signifikan ditinjau dari jenis kelamin dan asal jurusan siswa di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas X yang meliputi X MIPA 1, X MIPA 2, X IPS 1, X IPS 2 di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan, yang berjumlah 100 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 100 siswa, karena semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparasi two way anova.
Jumlah sampel pada penelitian ini lebih dari 50 orang maka menggunakan taraf signifikansi yang biasa digunakan dalam penelitian pendidikan yaitu 5%, karena semakin kecil nilai signifikansinya maka semakin besar tingkat kepercayaan pengambilan keputusan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, nilai sig. jenis kelamin sebesar 0,012 < 0,05, maka disimpulkan bahwa ada perbedaan persepsi efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan tahun pelajaran 2020/2021. Pembelajaran daring lebih efektif pada siswa perempuan daripada siswa laki-laki dengan perolehan prosentase sebesar 39%. Kedua, nilai sig. asal jurusan siswa sebesar 0,012 < 0,05, maka disimpulkan bahwa ada perbedaan persepsi efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang signifikan antara siswa yang berasal dari MIPA dan IPS di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan tahun pelajaran 2020/2021. Pembelajaran daring lebih efektif pada siswa yang berasal dari jurusan IPS daripada siswa MIPA dengan perolehan prosentase sebesar 36%. Ketiga, sig. jenis kelamin dan asal jurusan siswa sebesar 0,012 < 0,05, maka disimpulkan bahwa ada perbedaan persepsi efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang signifikan ditinjau dari jenis kelamin dan asal jurusan siswa di SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan tahun pelajaran 2020/2021. Pembelajaran daring lebih efektif pada siswa perempuan di jurusan IPS daripada siswa laki-laki jurusan IPS dan siswa laki-laki serta siswa perempuan di jurusan MIPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:55
Last Modified: 03 Jun 2021 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item View Item