Manajemen Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Wustho Al Jariyah Jarakan Banyudono Ponorogo)

Abidin, Zainal (2021) Manajemen Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Wustho Al Jariyah Jarakan Banyudono Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E_TESIS ZAINAL ABIDIN_502190069.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

MANAJEMEN PEMBELAJARAN ONLINE
PADA MASA PANDEMI COVID 19
(Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al Jariyah
Jarakan Bayudono Ponorogo)

ABSTRAK

Mewabahnya Corona Virus disease (Covid 19) mengharuskan lembaga pendidikan melaksanakan pembelajaran online. Selama ini pembelajaran online mengalami permasalahan seperti keluhan jaringan, mahalnya kuota internet, pembelajaran tidak efektif, terlalu banyak tugas, penurunan kompetensi peserta didik dan lain-lain. Dalam kondisi dan situasi demikian, diperlukan solusi pembelajaran online yang efektif dan efisien. Setelah melalui proses penelusuran, ditemukan bahwa untuk menjawab permasalahan tersebut Madrasah Diniyah Wustho Al Jariyah melaksanakan kegiatan pembelajaran online darurat. Disebut darurat karena tujuannya adalah penyelamatan kompetensi santri, utamanya kopetensi kepribadian (akhlak).
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan (planning) pembelajaran online, pelaksanaan (actuating) pembelajaran online dan evaluasi (evaluating) pembelajaran online di Madrasah Diniyah Wustho Al Jariyah.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus single case studies yaitu penelitian pada satu kasus atau lokasi saja. Teknik pengumpulan data melaui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu melalui proses data collection (pengumpulan data), data display (pemaparan data), data reduction (reduksi data) dan conclution (penyimpulan data).
Dalam manajemen pembelajaran online di Madrasah Diniyah Wustho Al Jariyah dapat disimpulkan bahwa planning pembelajaran online meliputi penetapan WhatsApp Grup dan YouTube sebagai media pembelajaran, mengurangi jam pembelajaran kitab, menunjuk santri ulya sebagai tim pelaksana dan menetapkan kompensasi gaji. Actuating pembelajaran online yaitu pembelajaran dalam WhatsApp Grup dilaksanakan oleh wali kelas, ngaji online Kitab Naṣāiḥu al-‘Ibād melalui streaming YouTube sedangkan manajer maupun supervisor dilakukan oleh admin madin. Evaluasi pembelajaran online menunjukkan ketidakefektifan pembelajaran yang ditandai adanya permasalahan berupa kendala jaringan internet, semangat santri yang menurun, santri tidak fokus belajar, sulit memberikan pemahaman, santri tidak aktif mengikuti pembelajaran, santri tidak mengumpulkan tugas, kelelahan santri dalam belajar online serta wali kelas yang terkadang lupa tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan evaluasi yang ada, Madrasah Diniyah Al Jariyah mengupayakan peningkatan kualitas pembelajaran dengan meningkatkan kinerja wali kelas dalam mendampingi pembelajaran online seperti memberi motivasi santri, menjelaskan materi pembelajaran dengan voice note WhatsApp, serta menelepon dan menge-chat pribadi santri yang kurang aktif di luar chat yang ada di grup. Berbagai upaya tersebut dilakukan demi terciptanya kegiatan pembelajaran online yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:36
Last Modified: 03 Jun 2021 05:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15011

Actions (login required)

View Item View Item