pengaruh budaya organisasi dan kepribadian terhadap gaya kepemimpinan pelajar ipnu-ippnu di ma ma’arif al-mukarrom kauman sumoroto

Azizah, Luthfiana Nur (2021) pengaruh budaya organisasi dan kepribadian terhadap gaya kepemimpinan pelajar ipnu-ippnu di ma ma’arif al-mukarrom kauman sumoroto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316085_LUTHFIANA NUR AZIZAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Azizah, Luthfiana Nur. 2021. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepribadian terhadap Gaya Kepemimpinan Pelajar IPNU-IPPNU di MA Ma’arif Al Mukarrom Kauman, Sumoroto, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci: Budaya organisasi, Kepribadian, Gaya Kepemimpinan.
Gaya kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting dalam suatu organisasi, karena gaya kepemimpinan merupakan aspek yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan kepemimpinan seseorang dalam berorganisasi. Adapun gaya kepemimpinan adalah gaya otokratik, gaya paternalistik, gaya kharismatik, gaya laissez faire dan gaya demokratik. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan menurut Pillai dan Meindl yaitu budaya organisasi. Hal ini dibuktikan bahwa budaya organisasi memberikan dampak dan dapat memunculkan gaya kepemimpinan tertentu. Selain itu Joseph Reitz dan Fattah berpendapat bahwa faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan adalah kepribadian, harapan dan perilaku atasan, karakteristik, kebutuhan tugas, iklim dan kebijakan organisasi serta harapan dan perilaku rekan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan pengaruh budaya organisasi terhadap gaya kepemimpinan pelajar IPNU-IPPNU di MA Ma’arif Al Mukarrom; (2) menjelaskan pengaruh kepribadian terhadap gaya kepemimpinan pelajar IPNU-IPPNU di MA Ma’arif Al Muakrrom; (3) menjelaskan besarnya pengaruh budaya organisasi dan kepribadian terhadap gaya kepemimpinan pelajar IPNU-IPPNU di MA Ma’arif Al Mukarrom.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelajar IPNU-IPPNU di MA Ma’arif Al Mukarrom, yaitu sejumlah 68 anak. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap gaya kepemimpinan pelajar IPNU-IPPNU di MA Ma’arif Al Mukarrom, dengan hasil uji t diketahui nilai thitung sebesar 2,108 > ttabel sebesar 1,996 dan hasil persentase sebesar 06,3%. (2) Kepribadian berpengaruh secara signifikan terhadap gaya kepemimpinan pelajar IPNU-IPPNU di MA Ma’arif Al Mukarrom, dengan uji t diketahui nilai thitung sebesar 3,653 > ttabel sebesar 1,996 dan hasil persentase 16,8. (3) Budaya organisasi dan kepribadian berpengaruh secara signifikan terhadap gaya kepemimpinan pelajar IPNU-IPPNU di MA Ma’arif Al Mukarrom , dengan uji f diketahui nilai fhitung sebesar 8,193 > ftabel sebesar 3,14 dan hasil persentase sebesar 21,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:39
Last Modified: 03 Jun 2021 05:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15009

Actions (login required)

View Item View Item