..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)..PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN TAUHID SISWA KELAS 2 MADRASAH SALAFIYAH MIFTAHUL HUDA

Nuryani, Chindi Suci (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)..PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN TAUHID SISWA KELAS 2 MADRASAH SALAFIYAH MIFTAHUL HUDA. [Dataset]

[img]
Preview
Text
CHINDI SUCI NURYANI UPLOAD PERPUS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nuryani, Chindi Suci. 2021 Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Tauhid Siswa Kelas 2 Madrasah Salafiyah Miftahul Huda SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Safiruddin Al Baqi, MA.
Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, Pelajaran Tauhid
Pelaksanaan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode yang konvesional cenderung membuat guru menjadi lebih dominan dalam proses pembelajaran, sedangkan siswa hanya mendengarkan, diberikan tugas membaca dan mengisi soal. Lebih lanjut, guru tidak memberikan tugas yang dapat merangsang kreativitas siswa dan memotivasi siswa agar semangat mengerjakan tugas. Guru diminta untuk membuat suatu pembelajaran agar aktif sehingga hasil belajar siswa memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping terhadap terhadap hasil belajar pelajaran tauhid siswa kelas 2 Madrasah Salafiyah Miftahul Huda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental posttest-only design with equivalent groups. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji statistika Uji independent sampel t-tes. Subyek penelitian 1) siswa kelas 2 MMH, 2) Di tahap perkembangan Remaja atau memiliki usia antara 13-15 tahun. dipilih secara non random, subyek penelitian berjumlah 50 siswa yaitu 25 siswa dari kelas eksperimen, 25 siswa dari kelas kontrol. Lokasi penelitian di Madrasah Salafiyah Miftahul Huda.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran tauhid siswa kelas 2 Madrasah Salafiyah Miftahul Huda tahun ajaran 2020/2021. Hal ini ditunukkan oleh nilai , thitung = 4,192. , sedangkan untuk taraf signifikasi α = 0,05 dan N 25, diperoleh nilai ttabel = 2,01063 , diperoleh thitung > ttabel = 4,192 > 2,01063, maka H0 ditolak dan HAditerima. Maka terdapat perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran tauhid antara yang diajar menggunakan metode mind mapping dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvesional atau ceramah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping terhadap hasil beolajar mata pelajaran tauhid siswa kelas 2 Madrasah Salafiyah Miftahul Huda.

Item Type: Dataset
Thesis Supervisor: SAFIRUDDIN Al BAQI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:18
Last Modified: 03 Jun 2021 05:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15004

Actions (login required)

View Item View Item