..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN)..UPAYA MUSLIMAT RANTING CARAT DALAM MENINGKATKAN NILAI SOSIAL RELIGIUS ANGGOTA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN

'Izza, Shafa Haizatul (2021) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN)..UPAYA MUSLIMAT RANTING CARAT DALAM MENINGKATKAN NILAI SOSIAL RELIGIUS ANGGOTA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316131_SHAFA HAIZATUL 'IZZA_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Haizatul ‘Izza, Shafa. 2021. Upaya Muslimat ranting Carat dalam Meningkatkan Nilai Sosial Religius Anggota melalui Kegiatan Keagamaan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.
Kata kunci: Muslimat Nahdlatul Ulama dan Nilai Sosial Religius.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hubungan sosial masyarakat yang kurang baik dankurangnya pengetahuan Agama khususnya anggota Muslimat ranting Carat.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi fokus masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Apa saja dan bagaiman pelaksanaan kegiatan keagamanaan untuk meningkatkan nilai sosial religius anggota Musimat ranting Carat, 2) Faktor penghambat dan faktor pendukung terlaksanya kegiata keagamaan dalam meningkatkan nilai sosial religius anggota Musimat ranting Carat, (3) Dampak pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan nilai sosial religius anggota Musimat ranting Carat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) kegiatan yang dilaksanakan oleh Muslimat ranting Carat adalah latihan banjari dilaksanakan setiap malam selasa pon, wage, dan legi yang bertempat diabalai desa, Istigotsah dilaksanakan setiap malam selasa kliwon yang bertempat di balai desa, Manaqib Maulid dilaksanakan pada malam selasa pahing yang bertempat di balai desa, dan Wisata Religi yang telah dilaksanakan dua kali yaitu mengunjungi makam Fatimah Az-Zahra yang berada di Semarang sekaligus untuk manasik Haji dan yang kedua mengunjungi makam auliya ponorogo. (2) faktor penghambat dari kegiatan tersebut adalah; situasi dan kondisi, rendahnya kesadaran disiplin waktu, perbedaan latar belakang, dan perbedaan usia. Sedangkan faktor pendukung dari kegiatan tersebut adalah; a) dukungan dari kepala desa, b) partisipasi dan semangat dari anggota, c) sarana dan prasarana, d) lingkungan masyarakat, e) kondisi keuangan. (3) kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi ibu-ibu khususnya dalam meningkatkan nilai sosial religius, diantaranya a) Adanya gotong royong antar anggota Muslimat ranting Carat dalam melaksanakan kegiatan, b) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota Muslimat ranting Carat, c) Meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW melalui sholawat yang dilantunkan ketika Manaqib Maulid, d) Menumbuhkan rasa semangat dalam beribadah, dan e) Mengetahui amalan-amalan yang bisa dilakukan ketika sedang berhalangan (udzur).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:20
Last Modified: 03 Jun 2021 05:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15002

Actions (login required)

View Item View Item