..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KITAB WĀṣYĀ AL-ĀBĀ’ LIL ĀBNĀ’ KARYA MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PERPRES NOMOR 87 TAHUN 2017

Juliyanto, Juliyanto (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KITAB WĀṣYĀ AL-ĀBĀ’ LIL ĀBNĀ’ KARYA MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PERPRES NOMOR 87 TAHUN 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317427_Juliyanto_PAI.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Juliyanto, 2021. Konsep Pendidikan Karakter Religius dalam Kitab Wāṣyā Al-Ābā’ Lil Ābnā’ Karya Muhammad Syakir Al-Iskandari dan Relevansinya dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Thoyib, M, Pd.

Kata kunci : Pendidikan Karakter Religius, Kitab Wāṣyā Al-Ābā’ Lil Ābnā’, Perpres Nomor 87 Tahun 2017.
Pendidikan karakter religius merupakan usaha sadar yang dilakukan manusia dalam rangka mengarahkan terciptanya perilaku yang baik yang dapat melakukan kegiatan positif secara spontan. Salah satunya nilai-nilai pendidikan karakter religius yang ada dalam kitab Wāṣyā Al-Ābā’ Lil Ābnā’ Karya Muhammad Syakir Al-Iskandari. Adanya pendidikan karakter religius dalam satuan pendidikan memberikan sarana untuk mencetak generasi-generasi bangsa dengan berlandaskan jiwa pancasila dan ajaran agama yang sesuai. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk menciptakan sebuah Peraturan Presiden tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang tertuang dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2017 guna untuk membantu terlaksananya kemajuan Negara dalam sektor pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan konsep pendidikankarakter dalam kitab Wāṣyā Al-Ābā’ Lil Ābnā’ Karya Muhammad Syakir Al-Iskandari. 2) mendeskripsikan relevansi kitab Wāṣyā Al-Ābā’ Lil Ābnā’ Karya Muhammad Syakir Al-Iskandari dengan tujuan Program Pendidikan Karakter dalam Perpres No. 87 Tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan (library reseach)dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dimana peneliti melakukan kajian kritis dan mendalam dengan bahan-bahan pustaka yang relevan terhadap konsep pendidikan karakter kemudian menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Wāṣyā Al-Ābā’ Lil Ābnā’ Karya Muhammad Syakir Al-Iskandari dan merelevansikannya dengan PerpresNo 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Hasil analisis yang didapat adalah 1). konsep pendidikan karakter religius dalam kitab Wāṣyā Al-Ābā’ Lil Ābnā’ Karya Muhammad Syakir Al-Iskandari mencakup pendidikan karakter dalam aspek Ilahiyah dan Insaniyah seperti bertaqwa kepada Alloh, bertawakal, sabar, ikhlas, amanah, jujur, iffah, rukun dengan saudara, dan adab dalam berdiskusi. Kitab ini menggunakan beragam metode dalam penyampaian, yaitu metode nasehat, metode pembiasaan, metode kisah, metode dialog, metode perumpamaan, dan metode muhâsabah, metode targhîb dan tarhîb. 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam kitab Wāṣyā Al-Ābā’ Lil Ābnā’ Karya Muhammad Syakir Al-Iskandari dengan pelaksanaan PPK dalam Perpres No. 87 Tahun 2017 terletak pada tiga jalur pendidikan yaitu formal, non formal, dan informal. Pada jalur formal proses pendidikan dengan nilai beriman kepada AllahSWT, takwa, jujur, sabar, ikhlas, zuhud dan syukur relevansinya terletak pada pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Pada jalur non formal terletak pada kegiatan diluar sekolah seperti pondok pesantren, madrasah diniyah, dan kelompok belajar. Pada jalur informal terletak pada lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:17
Last Modified: 03 Jun 2021 05:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item